Perjalanan Karier Bae Suzy: Dari Girlband Hingga CEO

  • Bagikan
1b6d83c9 drama korea start up 2 169


Jakarta, cakrawalarafflesia —

Penggemar drama dan film Korea tentu tak asing dengan nama Bae Suzy, aktris yang mencuri perhatian dari penampilannya bersama Nam Joo Hyuk dalam drama ‘Start Up’.

Namun tak banyak yang mengetahui masa lalu dan kerja keras Suzy untuk mencapai popularitasnya saat ini, berikut adalah ulasan biodata Bae Suzy:

Kehidupan Awal

Lahir dan dibesarkan di Gwangju, Korea Selatan tahun 1994, Bae Suzy merupakan anak ke-2 dari 3 bersaudara. Suzy memiliki seorang kakak perempuan bernama Bae Su-bin dan adik laki-laki bernama Bae Sang-Moon.

Pendidikan

Suzy menyukai seni peran dan musik sedari remaja. Kecintaannya pada dua hal itu, dia salurkan dengan bergabung dengan sekolah seni. Orang tuanya mendukung penuh keinginan Suzy dan mendaftarkan Suzy pada School of Performing Arts Seoul dan lulus pada 2013.

Awal Karier

Suzy memulai karier di dunia hiburan Korea pada usia 15 tahun. Pada usia 15, Suzy mengawali kariernya sebagai seorang model busana toko online. Tak puas dengan hanya menjadi model, Suzy mencari peluang yang lebih baik.

Setelahnya, pada 2009 Suzy mengikuti audisi pencarian bakat berjudul ‘Superstar K Mnet’ dan berhasil hingga ke babak penyisihan namun sayang akhirnya tereliminasi.

Meski begitu, bakatnya dilirik oleh JYP Entertainment dan merekrutnya menjadi peserta latihan dan menjalani pelatihan selama 1 tahun.

Karier Musik Bae Suzy

Mengulas biodata Bae Suzytak lengkap tanpa membahas kariernya di dunia musik. Selesai pelatihan, pada 2010 Suzy dipasangkan dengan anggota lain seperti Fei, Jia, dan Min yang juga menjalani pelatihan.

Keempatnya menamakan kelompok mereka Miss A. Miss merupakan gabungan idol Korea dan China. Lagu Miss A pun direkam di China untuk didapuk sebagai lagu promosi Samsung Electronic.




MISS ADalam biodata Bae Suzy, tak lengkap rasanya tak membahas karier musik bersama Miss A (Foto: Dok. JYP Entertainment)

Lagu Debut Miss A bertajuk ‘Bad Girl Good Girl’ sukses besar di pasaran, namun album perdananya baru dirilis pada 2011 dengan judul ‘Class A’. Album Class A cukup sukses hingga dibuat tur nasional album Class A.

Di tahun yang sama, Miss A juga melakukan tur internasional ke China. Sepulangnya dari China, Miss melakukan proses rekaman album kedua yang berjudul ‘Touch’ yang rilis pada 2012.

Selang beberapa tahun kemudian, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Miss A telah bubar, usai pengumuman pengunduran diri Min dari grup maupun label JYP Entertainment.

Karier Akting Bae Suzy

Di luar musik, Suzy Bar juga menyibukkan diri dengan aktivitas lain. Dirinya tak ragu menjajal karier sebagai pembawa acara. Popularitasnya kian meningkat tatkala menjadi pembawa acara sebuah reality show bertajuk MBC Shot! Music Core bersama sejumlah artis dan aktor Korea lainnya.

Semenjak reality show tersebut, Suzy kerap didapuk menjadi pembawa acara lain seperti Seoul Music Awards, Golden Disc Awards, dan Mnet 20’s Choice Awards.




Film Bae SuzyUsai Miss A bubar, Suzy melanjutkan kariernya di dunia seni peran (Foto: CJ E&M via Imdb)

Penampilannya sebagai pembawa acara musik besar menyita perhatian para pegiat sinema Korea, tawaran bermain film pun mulai berdatangan.

Di Industri seni peran, Suzy berkiprah pertama kali membintangi drama musikal remaja berjudul Dream High yang ditayangkan di KBS pada 2011 silam. Penampilannya pada drama tersebut mengantarkan Suzy meraih penghargaan ‘Best New Actress’ dalam ajang KBS Drama Awards.

Drama Dream High lah yang kemudian mengantarkan Suzy masuk ke dalam dunia film layar lebar. Debut awal Suzy di layar lebar adalah membintangi film Architecture 101 tahun 2012.

Film Architecture 101 meledak di pasaran dan menjadi film yang paling banyak ditonton di Korea pada tahun itu dengan 4,1 juta penonton. Architecture 101 juga mengantarkan Suzy mendapat penghargaan Best New Actress pada ajang ‘BaekSang Arts Awards’ tahun 2012.

Di tahun yang sama Suzy juga membintangi sebuah drama berjudul ‘Big’ dan menjadi lawan main dari aktor korea ternama Gong Yoo. Keseriusan Suzy terjun ke dunia film tak main-main, pada 2014 dirinya menerima tawaran film ‘The Sound of a Flower’.

Demi akting di film tersebut, Suzy harus menjalani pelatihan sebagai seorang pansori selama satu tahun penuh. Tak sia-sia, usaha dan perjuangannya menorehkan hasil dengan menerima penghargaan Most Popular Actress di ajang ‘BaekSang Arts Awards’ 2016.

Melansir laman AsianWiki, penghargaan terakhir yang diterima adalah ‘Best Actress’ dalam ajang SBS Drama Awards untuk penampilannya dalam drama Vagabond. Pada 2020, Suzy absen dari layar kaca, dan diketahui menjadi penulis naskah untuk film Live Your Strength.




Drama Uncontrollably FondDalam biodata Bae Suzy, tercatat sejumlah drama yang sukses di pasaran (Foto: Samhwa Networks via Imdb)

Kesuksesannya terus meningkat hingga saat ini. Drama terakhirnya Start-up membawa Suzy ke puncak kariernya. Peran sebagai seorang CEO di drama tersebut menarik banyak perhatian.

Selain itu, Suzy adalah selebriti wanita Korea pertama yang dibuatkan patung lilin di Madame Tussauds pada September 2016. Suzy juga salah satu K-pop Idol terkaya.

Dirinya pernah menduduki peringkat 13 dalam daftar artis Korea terkaya. Sumber utama kekayaannya berasal dari akting dan menyanyi, dengan tambahan modeling untuk berbagai merek Korea dan Internasional.

Kisah Cinta Bae Suzy

Dalam masalah percintaan, Suzy diketahui pernah menjalin hubungan dengan aktor top Korea Lee Min-ho. Hubungan percintaan mereka hanya terjalin 2 tahun dan pisah pada 2017.




Lee Min Ho dalam The King: Eternal MonarchDalam biodata Bae Suzy, ia pernah berpacaran dengan Lee Min-ho (Foto: (dok. SBS/Netflix via HanCinema)

Meski tidak disebutkan alasan mereka putus, media Korea menduga kesibukan keduanya dan wajib militer Lee Min-ho menjadi alasan utama. Putus dari Lee Min-jo, Suzy merajut hubungan dengan aktor Korea selatan Lee Dong Wook. Hubungan keduanya kandas dan saat ini Suzy diketahui lajang.

Itulah ulasan singkat biodata Bae Suzy yang bisa Anda ketahui. Semoga di 2021, penggemar drakor bisa melihat kembali wajah dan akting Bae Suzy di layar kaca dan layar lebar.

(imb/fjr)

[Gambas:Video CNN]






Source link

Baca Juga :  Aksi Perampokan di Tengah Badai
  • Bagikan