Bukti Baru Xi Jinping Akan Lebih Galak ke Alibaba, Tencent Cs

  • Bagikan
84fc64c5 4503 4040 a1af 9d4216c29071 169



84fc64c5 4503 4040 a1af 9d4216c29071 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – Presiden China Xi Jinping ingin percepatan aturan hukum baru pada perusahaan teknologi besar atau yang dia sebut sebagai perusahaan platform seperti Alibaba, Tencent, JD.com dan sejenisnya.

“Pengembangan beberapa perusahaan platform tidak memenuhi standard dan berisiko,” kata Xi Jinping dikutip CNBC Internasional, Selasa (16/3/2021).

Platform diistilahkan sebagai perusahaan teknologi yang mengoperasikan dari bisnis media sosial hingga e-commerce. Ini termasuk raksasa teknologi besar seperti Tencent dan Alibaba.

Regulasi diperlukan untuk mengisi celah dan kekosongan aturan untuk mengatur perusahaan-perusahaan tersebut, kata Xi Jinping.

Menurutnya regulator perlu untuk melakukan peningkatan pengawasan, mencegah monopoli, mempromosikan persaingan dan menghentikan ekspansi modal yang tidak teratur.

Baca Juga :  Pembaruan Pertama PS5 Dukung Peningkatan 120Hz dan HDR

Xi Jinping juga mengingatkan aturan yang dibuat harus menciptakan sistem “data property rights” atau aturan yang mengatur bagaimana data dipakai dan digunakan dengan mempertimbangkan hak pemilik data.

Sebelumnya beberapa kali, regulator telah berkomentar mengenai aturan pada perusahaan teknologi. Namun fokus teranyarnya adalah keinginan untuk mengambil langkah lebih lanjut pada raksasa teknologi swasta asal negeri tersebut.

Pemerintah China sebelumnya mulai menindak Jack Ma dan gurita bisnis yang dimilikinya. Misalnya IPO Ant Group yang akhirnya gagal dilakukan di bursa Hongkong dan Shanghai.

Baca Juga :  Twitter Spaces Akan Punya Fitur Pembayaran, Ada Syaratnya

Menyoal pembatalan tersebut, Ant Group beralasan diakibatkan adanya masalah signifikan seperti soal regulasi pada lingkungan teknologi finansial.

Setelah menyasar kerajaan bisnis Jack Ma, nampaknya fokus pemerintah China beralih ke perusahaan lainnya. Laporan Bloomberg menyebutkan regulator sedang berfokus pada bisnis teknologi finansial milik Tencent.

Selain itu China juga membuat pedoman anti monopoli baru untuk mengetatkan batasan pada raksasa teknologi di sana. Beberapa waktu lalu State Administration for Market Regulation atau SAMR menyebutkan aturan tersebut akan menghentikan perilaku monopoli dan melindungi pasar untuk aktivitas persaingan yang sehat.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)




Source link

  • Bagikan