5 Tips menghilangkan bekas jerawat dengan bahan-bahan alami

  • Bagikan
c53a2a89 1777145311p

Health . Apakah Anda memiliki tipe kulit berjerawat? Biasanya, masalah lain yang timbul adalah bekas jerawat yang sulit hilang. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara menghilangkan bekas jerawat yang bisa Anda coba.

Anda bisa membeli produk penghilang bekas jerawat di pasaran. Sayangnya, produk-produk tersebut terbuat dari bahan kimia. Jika digunakan dalam jangka waktu yang terlalu lama, dikhawatirkan justru mendatangkan banyak efek samping.

Pilihan lain yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Misalnya, lemon, lidah buaya, dan lain sebagainya. Nutrisi yang terkandung dalam bahan-bahan alami mampu mencerahkan dan menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Baking Soda

Melansir Savoir Flair (savoirflair.com), baking soda bermanfaat untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat. Kandungan di dalamnya bisa dipakai sebagai eksfoliator. Artinya, tak hanya bekas jerawat yang hilang, tapi sel kulit mati pun terangkat.

Baca Juga :  7 Pilihan Pengganti Nasi untuk Diet Sehat

Anda hanya perlu mencampur beberapa sendok teh baking soda dengan air sampai berbentuk pasta. Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit secara perlahan dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Selanjutnya, bilas dengan air. Anda bisa melakukan cara itu sebanyak dua hingga kali dalam seminggu.

Madu

Antibakteri dan antiinflamasi yang terkandung dalam madu cocok digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat. Cukup aplikasikan madu pada area kulit yang memiliki bekas jerawat. Setelah beberapa menit atau hingga madu sedikit kering, bilas dengan air.

Lidah Buaya

Vitamin dan nutrisi lain yang ada dalam lidah buaya bisa Anda gunakan untuk melembabkan, melembutkan, dan menyamarkan bekas jerawat. Sama seperti madu, Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat secara langsung. Lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, ya.

Baca Juga :  5 bahan alami ini bisa obati sakit jantung

Lemon

Cara menghilangkan bekas jerawat selanjutnya bisa Anda lakukan dengan lemon. Jenis buah itu mengandung pencerah alami dan memiliki banyak vitamin C yang dapat meningkatkan produksi kolagen. Artinya, noda bekas jerawat bisa hilang dengan lebih cepat.

Aplikasikan air lemon secara langsung pada bekas jerawat. Diamkan dulu selama 15 menit lalu bilas dengan air. Untuk pemilik kulit sensitif, Savoir Flair merekomendasikan Anda untuk mencampur air lemon dengan air biasa terlebih dahulu.

Minyak Zaitun

Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun sebagai cara menghilangkan bekas jerawat.

Bahan alami lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai penghilang bekas jerawat adalah minyak zaitun. Hal itu disebabkan karena adanya kandungan antioksidan, vitamin B, dan antiinflamasi dalam minyak zaitun. Untuk hasil maksimal, cobalah untuk mengaplikasikan minyak zaitun pada kulit sebelum tidur.

Source link

  • Bagikan