Vaksin Covid AstraZeneca Bikin ‘Pening’, WHO Meeting Mendadak

94

who 1 169

Jakarta, cakrawalarafflesia – Para pakar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) akan melakukan pertemuan mendadak, Selasa (16/3/2021) ini. Para ahli yang membidangi keamanan obat dan makanan akan mendiskusikan “penolakan” banyak negara atas vaksin Covid-19 AstraZeneca.

_

Efek samping vaksin buatan AstraZeneca dan Universitas Oxford ini menjadi penyebab. Ada kekhawatiran vaksin menyebabkan pembekuan darah dan membahayakan penerima.

Sebelumnya, WHO bersikeras vaksin ini efektif. Untuk diketahui, AstraZeneca menjadi salah satu vaksin termurah, yang akan disalurkan WHO melalui COVAX.

Baca Juga :  Dovizi: Ducati Hampir Rekrut Marc Marquez, tapi DallIgna Pilih Lorenzo

“Kami tidak ingin orang panik dan kami untuk saat ini, merekomendasikan agar negara-negara terus melakukan vaksinasi dengan AstraZeneca,” kata kepala ilmuan WHO Soumya Swaminathan, Senin (15/3/2021).

“Sejauh ini, kami tidak menemukan hubungan cakrawalarafflesia kejadian ini dan vaksin.”

Selain WHO, European Medicines Agency (EMA) juga akan melakukan pertemuan mendadak hari ini. Regulator Eropa juga akan mengadakan pertemuan luar biasa dua hari kemudian untuk memutuskan tindakan lebih lanjut.

Baca Juga :  CARA MENDAPATKAN UANG DARI SNACK VIDEO

Vaksin AstraZeneca sudah diberikan sebanyak 11 juta dosis di Inggris. Namun, tak ada masalah besar yang diberitakan. Tiba-tiba, krisis AstraZeneca terjadi saat sejumlah negara menunda pemberian vaksin. Ada tujuh negara Eropa yang melakukan ini, termasuk Jerman, Belanda dan Prancis.

Terbaru, Venezuela juga melarang penggunaan vaksin ini. RI telah menunda penggunaan AstraZeneca kemarin.

[Gambas:Video CNBC]

(sef/sef)


Source link