Kemenkumham Sulsel Gandeng Pemkab Lutim  Tingkatkan Layanan Kewarganegaraan

  • Bagikan
2259b70f kemenkumham sulsel gandeng pemkab lutim tingkatkan layanan kewarganegaraan e1615900138280


Luwu Timur, cakrawalarafflesia – Kanwil Kemenkumham Sulsel bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur dan dirangkaikan dengan Sosialisasi Kewarganegaraan bertemakan Optimalisasi Layanan Kewarganegaraan di Sulawesi Selatan. di Hotel La Galigo Malili, Selasa (16/03/21).

Bupati Luwu Timur, H. Budiman mengatakan, kewarganegaraan menjadi unsur penting dalam suatu negara berkaitan dengan tanggungjawab warga negaranya.

Menurutnya, Sebagai ASN yang tugas dan fungsinya bersentuhan langsung dengan lalu lintas orang asing seperti Imigrasi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus memahami terkait kewarganegaraan.

Lihat Juga: Kanwil Kemenkumham Sulsel Gandeng Empat Perguruan Tinggi

Sesuai dengan UU No.12 Tahun 2006 sebagai bentuk kehadiran pemerintah dalam memberikan perlindungan dan jaminan terpenuhinya hak-hak dari setiap warga negara dalam menentukan statu kewarganegaraan.

Baca Juga :  Angin Kencang Serta Pohon Kelapa Roboh, Jaringan Listrik di Kaur Terganggu

“Dengan jumlah penduduk sebanyak 300 Ribu Jiwa, kami berharap melalui sosialisasi ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan bagi semua peserta. Terutama kepada instansi terkait dalam hal melakukan tertib administrasi dan kewarganegaraan terhadap WNA yang bekerja di Luwu Timur,” kata Budiman.

Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto mengatakan, kegiatan ini adalah salah satu bentuk komitmen kemenkumham dalam rangka optimalisasi layanan kewarganegaraan.

Lihat Juga: Kadivpas Kemenkumham Sulsel Harap Usai Program Rehabilitasi, Warga Binaan Bebas Narkotika

Baca Juga :  Terbit SE Baru, Pemkot Bengkulu Izinkan Sekolah Tatap Muka

Juga perlindungan dan kepastian hukum bagi warga negara asing yang bertempat tinggal di wilayah negara Republik Indonesia yang tidak memiliki dokumen kewarganegaraan.

“Data permohonan kewarganegaraan melalui Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Selatan adalah pada tahun 2017 hingga 2019 terdapat tiga permohonan menjadi WNI karena alasan perkawinan,” jelas Anggoro.

Lihat Juga: Persiapkan Masa Pensiun, Rutan Makassar dan Taspen Sosialisasi Ketaspenan

Acara  ini dirangkaikan dengan penyerahan sertifikat Merek secara simbolis oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Anggoro Dasananto kepada Bupati Luwu Timur, H. Budiman. (*/RN)



rakyatnewsid part of cakrawalarafflesia

  • Bagikan