4 Rekomendasi obat sakit mata

  • Bagikan
d528d5ab 421662429p

sumberSakit mata biasanya ditandai dengan rasa gatal, kering, dan banyaknya kotoran mata yang keluar. Ada banyak obat sakit mata yang bisa Anda pakai. Mulai dari antibiotik, salep, hingga bahan alami.

Sebelum memilih obat mana yang sesuai, ketahui dulu faktor-faktor penyebabnya. Biasanya, sakit mata disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

Namun, ada hal lain yang juga bisa jadi penyebabnya. Mulai dari paparan sinar matahari, menggosok mata terlalu kasar, memakai kacamata dan lensa kontak yang tidak sesuai, hingga dehidrasi.

Jika tidak segera diobati, kondisi kesehatan mata Anda akan memburuk. Umumnya, antibiotik dipakai untuk mengobati sakit mata akibat infeksi bakteri.

Tapi, jika Anda mengalami sakit mata ringan, ada beberapa bahan alami yang bisa Anda manfaatkan.

Lidah buaya

Bahan alami pertama yang bisa Anda pakai sebagai obat sakit mata adalah lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya mampu mendinginkan, melembabkan, dan mengatasi bagian mata yang meradang.

Baca Juga :  Bahayanya Masker Bedah Dipakai Berulang

Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Pertama-tama, campur 1 sdt gel lidah buaya dengan 1 sdm air dingin.

Setelah itu, celupkan kapas pada campuran itu lalu letakkan di atas kelopak mata yang tertutup selama minimal 10 menit. Lakukan cara tersebut dua kali dalam sehari hingga sakit mata berkurang.

Air mawar

Mengutip dari Stylecraze, air mawar adalah salah satu bahan yang cukup efektif mengobati sakit mata. Caranya, celupkan kapas ke air mawar lalu letakkan kapas itu di atas kelopak mata selama 10 menit. Lakukan cara itu dua kali dalam sehari.

Timun

Bahan alami lainnya yang bisa Anda pakai untuk mengatasi mata yang sakit adalah timun. Tidak hanya mengobati sakit mata, timun juga bermanfaat untuk menyamarkan mata panda dan kantung mata Anda.

Baca Juga :  Efek samping dan manfaat daun binahong untuk kesehatan

Anda perlu merendam dua iris timun ke dalam air dingin selama minimal dua menit terlebih dahulu. Selanjutnya, letakkan di atas kelopak mata minimal selama 10 menit. Anda bisa mengulangi langkah-langkah tersebut sebanyak beberapa kali dalam sehari.

Cuka apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah dipakai sebagai obat sakit mata.

Bahan selanjutnya, menurut Stylecraze, sebagai obat sakit mata adalah cuka apel. Antibakteri dan antimikroba dalam cuka apel efektif mengatasi infeksi bakteri. Anda perlu mencampur 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm air terlebih dahulu.

Setelah itu, celupkan kapas dalam air campuran tersebut lalu letakkan di atas kelopak mata selama minimal 10 menit. Cobalah untuk melakukan cara itu sebanayak satu hingga dua kali dalam sehari sampai sakit mata hilang.

Source link

  • Bagikan
Positive SSL