Apple Setop Produksi HomePod

  • Bagikan
e906192b apple home pod mini 3 169

Gadget — Apple telah menghentikan produk HomePod usai empat tahun diproduksi. Perusahaan hanya fokus pada produk HomePod Mini yang didesain lebih kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Apple HomePod memiliki ukuran lebih besar dengan hasil suara yang besar. Namun pada versi mini disebut tak kalah baik, produksi itu pun diterima dengan baik oleh konsumen.

Sebelum dirilis pada tahun lalu Apple berusaha keras untuk mendapatkan kualitas tweeter dan woofer yang baik pada versi mini sehingga menghasilkan suara yang optimal.

Kualitas suara yang dihasilkan HomePod mini disebut cukup “padat” dan mendukung akses fitur asisten Apple, Siri.

Baca Juga :  Respons Batik Air Dilarang Terbang ke Pontianak

“Kami memfokuskan upaya kami pada HomePod mini. Kami menghentikan HomePod reguler dan namun akan terus menyediakan produk itu selama persediaan masih ada melalui Apple Online Store, Apple Retail Store, dan Apple Authorized Reseller,” ujar pihak Apple seperti dikutip Tech Crunch, Sabtu (13/3).

Keluhan utama pada Apple HomePod adalah banderol harga yang terbilang lebih mahal dibanding speaker sejenis lainnya. Perusahaan sempat menurunkan harga pada HomePod, namun nampaknya tetap tidak berarti pada penjualan produk tersebut.

HomePod ukuran reguler memiliki kualitas suara yang bagus, namun banyak dikritik karena perusahaan menjual produk seharga $349 atau setara dengan Rp5,022 juta. Apple akhirnya menurunkan harga perangkat itu pada 2019 lalu menjadi $299 atau Rp4,303 juta.

Baca Juga :  Yuk Intip Fitur-Fitur Andalan Xiaomi Redmi Note 10, Handphone Kelas Menengah Berlayar AMOLED

Barulah pada tahun lalu Apple meluncurkan HomePod mini dengan harga $99 atau Rp1,424 juta saja, seperti dikutip The Verge.

HomePod merupakan rekayasa audio yang dikembangkan Apple selama hampir 5 tahun lalu. Kala itu tim Apple membangun pusat pengembangan di dekat kantor pusatnya di Cupertino, California, Amerika Serikat.

Upaya penelitian dan produksi HomePod akan terus berjalan dengan memanfaatkan sistem rendering audio canggih Apple, yang mengarah pada jenis pengembangan Audio Spasial seperti di AirPods.

(can/mik)

  • Bagikan