Survei: Perilaku Belanja Online RI di Ramadhan 2021 Bakal Beda

  • Bagikan
087ead91 pemberlakuan ppn untuk pembelian produk asing dari shopee 1 169

Gadget — Perusahaan marketing InMobi menyampaikan penggunaan aplikasi belanja online meningkat hingga 82 persen sebelum bulan puasa Ramadhan. Tapi, 79 persen warga Indonesia berencana untuk melakukan pembelian hanya selama bulan Ramadhan.

Hal ini merupakan perubahan dramatis dari tahun 2020, dimana 33 persen pengguna memilih untuk membeli selama
Ramadhan, sementara yang lain merencanakan pembelian dari jauh-jauh hari. Hal itu berdasarkan hasil survei InMobi terhadap lebih dari 1.000 konsumen Indonesia.

Kemudian, survei InMobi mengatakan bahwa 82 persen perempuan tidak merencanakan pembelian mereka ketika Ramadhan. Hasil survei itu menjadikan perempuan masuk ke dalam kategori pembeli impulsif yang jauh lebih banyak daripada pria.

Selain perempuan, 62 persen generasi millenial juga belum memutuskan brand atau produk apa yang akan mereka beli di tahun 2021.

Aplikasi hiburan hingga religi 

Selain itu, sebelum Ramadhan penggunaan aplikasi hiburan juga meningkat 67 persen dan game sebesar 45 persen. Sedangkan media sosial sebesar 19 persen, serta aplikasi keagamaan dan gaya hidup sebesar 69 persen.

Baca Juga :  Tak Tutup Kemungkinan Dovizioso Bakal Gabung Repsol Honda

Dalam survei yang sama, InMobi menyebut 67 persen perempuan menganggap smartphone sebagai sarana untuk berbelanja. Sementara 71 persen generasi milenial memandang smartphone sebagai media yang akan memenuhi segala kebutuhan belanjanya di bulan Ramadhan kali ini.

Sedangkan orang yang sudah menikah dan mempunyai anak hanya 63 persen yang akan menggunakan smartphone untuk berbelanja.

InMobi memaparkan secara umum bahwa 63 persen masyarakat Indonesia memilih berbelanja lewat smartphone. Sebanyak 29 persen ke toko offline dan 9 persen melalui PC.

Menurut hasil survei, 79 persen masyarakat Indonesia berencana untuk melakukan pembelian hanya selama bulan Ramadhan. Data itu memperlihatkan adanya perubahan dramatis jika dibandingkan dengan tahun 2020, dimana 33 persen memilih untuk membeli selama Ramadhan, sementara yang lain merencanakan pembelian dari jauh-jauh hari.

Dari jumlah itu, 57 persen responden belum memutuskan kategori produk yang akan mereka beli di tahun ini.

Selanjutnya, survei menyebutkan bahwa 32 persen responden akan menghabiskan waktu mereka saat berpuasa dengan menonton film hingga video. Sebanyak 25 persen memilih bermain game dan berselancar di media sosial.

Baca Juga :  Gunakan Teknologi AI, Google Translate Buat Terjemahan Bahasa Isyarat

Sebanyak 20 persen memilih mendengarkan lagu untuk menghabiskan waktu mereka saat berpuasa. Sebanyak 15 persen memilih membaca berita dan mengobrol dengan reman atau keluarga secara online.

Hanya 13 persen yang memilih untuk belajar online dan mencari sesuatu yang terkait dengan belanja.

Mereka yang memilih memilih untuk menonton film saat puasa adalah perempuan yang. Sedangkan yang memilih bermain game adalah pria.

Rentang usia responden yang memilih menonton film selama Ramadhan adalah usai 14-44 tahun. Sedangkan responden berusia 45-54 tahun memilih membaca berita. Sedangkan 55 tahun ke atas memilih belanja online.

Lebih dari itu, hasil survei mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia lebih mengutamakan keluarga pada Ramadhan kali ini. Sebanyak 74 persen responden berencana berbelanja untuk keluarga atau anggota keluarga besar mereka, dan 40 persen berniat untuk melakukan perjalanan kembali ke kampung halaman.

(jps/DAL)
cnnindonesia

  • Bagikan