8 Kiat mencegah Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 yang sudah masuk Indonesia

  • Bagikan
d6b5ecc9 413543519p

Health – Jakarta. Virus corona hasil mutasi di Inggris, B.1.1.7 yang diperkirakan lebih menular sudah menyebar di Indonesia. Tetap tenang, lakukan 8 tips berikut untuk mencegah infeksi virus corona varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7 penyebab Covid-19.

Seperti diketahui, Kementerian Kesehatan menyebut ada kasus Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 yang dibawa oleh TKW pada awal Maret 2021. Kini mutasi virus corona B.1.1.7 telah ditemukan dalam sampel yang dianalisis dari empat provinsi, salah satunya DKI Jakarta.

Selain itu, kasus Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7 juga ditemukan di sampel dari Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Masing-masing wilayah memiliki satu sampel positif Covid-19 akibat virus corona B.1.1.7.

Virus corona B.1.1.7 merupakan hasil mutasi di Inggris. Virus corona B.1.1.7 diperkirakan lebih cepat menular.

Memang sudah ada vaksin Cov id-19. Namun, menerapkan protokol kesehatan adalah cara terbaik untuk mencegah Covid-19 dan menjaga diri dari infeksi virus corona, varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7.

Baca Juga :  7 Manfaat pare untuk kesehatan bila dikonsumsi secara rutin dan tidak berlebihan

Berikut 8 cara untuk mencegah Covid-19 dan menjaga diri dari infeksi virus corona, varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7:

1. Mencuci tangan

Cara pertama mencegah Covid-19 atau menjaga diri dari infeksi virus corona, varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7 adalah mencuci tangan. “Hal yang harus kita lakukan untuk melindungi diri dari virus corona adalah sebuah hal yang harus dilakukan setiap hari. Hal nomor satu yang dapat dilakukan untuk mencegahnya adalah mempraktikkan kebersihan pribadi yang baik,” kata Dr. Moorcroft.

Untuk mencegah tertular dari Covid-19 dapat dilakukan dengan kerap mencuci tangan menggunakan sabun setidaknya selama 20 detik. Lakukan ini secara rutin di sepanjang hari, terutama saat hendak makan dan minum.

Baca juga: Vaksin Covid-19 timbulkan efek samping sakit kepala, ini pengobatannya

2. Menggunakan masker

Cara kedua mencegah Covid-19 atau menjaga diri dari infeksi virus corona, varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7 adalah menggunakan masker. Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika Serikat menyarankan orang untuk mengenakan pentup wajah dari kain, saat berada di muka umum.

Baca Juga :  Gejala Baru Covid-19 Dapat Dilihat dari Kondisi Lidah

Menggunakan masker bukan hanya dapat melindungi diri sendiri, melainkan juga orang lain. Hal ini, dikarenakan bisa saja udara yang kita hirup terdapat partikel uap air dari pernapasan orang lain yang terinfeksi Covid-19.

3. Hindari kontak dekat dengan orang yang terpapar

Hindari kontak secara dekat dengan orang yang sedang sakit atau pun pernah terpapar virus corona untuk mencegah Covid-19 atau menjaga diri dari infeksi virus corona, varian baru maupun hasil mutasi B.1.1.7.

Langkah ini dilakukan untuk menghindari kemungkinan buruk yang terjadi nantinya. Menurut CDC, kontak secara langsung orang ke orang adalah metode utama penularan Covid-19.

Source link

  • Bagikan