Pelempar Botol ke Kuda Nil Taman Safari Diancam Pidana Ringan

  • Bagikan
28322902 kuda nil warisan pablo escobar 3 169

CR — Pengunjung Taman Safari, Khadijah, yang melempar botol plastik ke kuda nil terancam tindak pidana ringan atas penganiayaan terhadap hewan oleh pihak kepolisian usai menjalani pemeriksaan di Polres Bogor pada Selasa (9/3) kemarin.

“Pasal yang kita kenakan Pasal 302 KUHP, lakukan penganiayaan ringan terhadap hewan, ancamannya 3 bulan,” kata Kapolres Bogor AKBP Harun saat dikonfirmasi, Rabu (10/3).

Pasal 302 KUHP diketahui berbunyi “Barang siapa tanpa tujuan yang patut atau secara melampaui batas, dengan sengaja menyakiti atau melukai hewan atau merugikan kesehatannya.”

Harun menuturkan, pelaku telah dipulangkan setelah menjalani pemeriksaan lantaran ancaman hukumannya hanya tiga bulan penjara.

Baca Juga :  Aplikasi Clubhouse, Bisa Pilih Tema Teknologi-Politik

Disampaikan Harun, nantinya penyidik akan melakukan gelar perkara untuk memutuskan kelanjutan kasus ini. Termasuk, apakah pelempar botol plastik itu akan ditetapkan sebagai tersangka atau tidak.

“Kalau nanti dua alat bukti cukup, nanti langsung bisa kita naik penyidikan kita proses tersangka,” ujarnya.

Selain Khadijah, polisi juga telah memeriksa sejumlah pihak dari Taman Safari untuk dimintai keterangan.

“Kemarin dari bagian CCTV, ada salah satu karyawan yang lihat pas kuda nil makan botol, kemarin saya minta juga dokternya (hewan),” ucap Harun.

Baca Juga :  Daftar Pemenang MTV EMA 2020, BTS Mendominasi

Diketahui, aksi seorang pengunjung Taman Safari, Kabupaten Bogor yang  melempar sampah plastik ke kuda nil viral di media sosial.

Khadijah mengaku aksi yang dilakukan itu adalah ketidaksengajaan. Ia juga telah meminta maaf dan menyesali perbuatan yang telah dilakukannya.

Kendati demikian, pihak Taman Safari telah melaporkan peristiwa itu ke pihak kepolisian untuk diusut lebih lanjut.

“Saat ini Ibu Khadijah sudah dibawa oleh pihak berwenang untuk di proses secara hukum,” demikian keterangan dalam akun Instagram @taman_safari.

(dis/pris) cnnindo

  • Bagikan