KFC Klarifikasi Hoax Bagi-bagi Makanan Gratis

  • Bagikan
a9fc6f6f ebc8 4936 8c2a 918fa68dee70 169

CR — Pihak Kentucky Fried Chicken (KFC) mengklarifikasi hoax pesan berantai yang menyebut restoran itu membagi-bagikan makanan snack bucket gratis.

Dalam pesan tersebut alasan pembagian makanan tersebut lantaran KFC tengah berulang tahun. Untuk mendapatkan hadiah, pengguna lantas diminta untuk mengisi survey yang disediakan lewat sebuah tautan.

“Menanggapi beredarnya link survey berhadiah Kombo Super Family Bucket, kami PT Fast Food Indonesia Tbk. menyatakan KFC Indonesia tidak mengadakan survey berhadiah,” tulis KFC lewat akun resmi Instagram, Senin (8/3).

Sebelumnya, beredar pesan instan yang mengiming-imingi hadiah.

“WOW! Perayaan ulang tahun KFC. KFC menawarkan 3000 Snack Bucket untuk semua orang Menerima instruksi: 1. Masing-masing hanya dapat berpartisipasi satu kali 2. Kuantitas terbatas, pertama datang pertama kali 3. Acara ini tidak memerlukan biaya apapun Dapatkan milikmu di sini GRATIS,” tulis pesan tersebut sembari menyematkan tautan.

Baca Juga :  5 Foto Michaela Elsiana, Dokter Cantik yang Terseret Mobil Pergoki Suami Selingkuh

Lebih lanjut, KFC menghimbau pelanggan agar untuk tidak mengisi data apapun di survey tersebut. Pengguna juga diminta tidak menyebar luaskan kembali pesan itu.

“Setiap program, promo, dan survey resmi KFC Indonesia hanya dilakukan di media sosial resmi KFC Indonesia yang memiliki centang biru dan website kfcku.com,” lanjut pernyataan KFC.

Baca Juga :  Wow! Ryan Kaji, Youtuber 9 Tahun Berpenghasilan Hingga Rp2,8 Triliun

Penjahat siber kerap melakukan tindakan penipuan lewat aksi phising kepada pengguna. Salah satu modus phising dilakukan dengan membujuk pengguna untuk megisi data pribadi mereka lewat sebuah tautan.

Padahal tautan ini bisa jadi mengandung risiko. Pertama, risiko kemungkina tautan yang diberikan menyusupkan malware atau kode berbahaya ke perangkat pengguna. Kedua, bahaya pencurian data pribadi yang diminta untuk dimasukkan dalam tautan itu.

Sehingga, pengguna baiknya waspada terhadap tautan yang diberikan secara sembarang. Selain itu, jangan mudah mengisikan data pribadi di sembarang situs, apalagi akibat tergiur iming-iming hadiah.

(eks)melansir cnnindonesia

  • Bagikan