Drone Hantam Kilang Minyak Saudi

  • Bagikan
41b03f02 9109 4fad af23 748fb73dc353 169

Internasional — Sebuah pesawat tak berawak menghantam kilang minyak Saudi, serta rudal balistik menargetkan fasilitas raksasa energi Aramco pada Minggu, (7/3).

Kementerian Energi Saudi mengungkap ada area tangki minyak di wilayah Timur Saudi. Area tersebut menjadi salah satu pelabuhan minyak terbesar di dunia.

“Salah satu area tangki minyak di Pelabuhan Ras Tanura di Wilayah Timur, salah satu pelabuhan minyak terbesar di dunia, pagi ini diserang oleh pesawat tak berawak, yang datang dari laut,” kata Kementerian Energi Saudi dikutip dari AFP, Senin (8/3).

Baca Juga :  BPJS Naker Siapkan Rp5 M Untuk Santunan Korban Sriwijaya Air

Sementara itu, pecahan peluru dari rudal balistik jatuh di dekat daerah pemukiman Saudi Aramco di kota Dhahran, di mana ribuan karyawan perusahaan dan keluarga mereka dari berbagai negara tinggal.

Kementerian Energi menjelaskan serangan itu tidak menimbulkan korban atau kerusakan. Belum diketahui pula siapa dalang di balik serangan tersebut.

Namun, pemberontak Huthi Yaman mengklaim di Twitter bahwa mereka menembakkan drone dan rudal ke Ras Tanura dan sasaran militer di daerah Dammam, yang dekat dengan Dhahran.

Baca Juga :  Deretan Bintang K-Pop Memiliki Properti Mewah

Sebelumnya, koalisi militer pimpinan Saudi melancarkan serangan udara di ibu kota Yaman yang dikuasai Huthi, Sanaa, setelah mencegat sejumlah pesawat tak berawak dan rudal yang diluncurkan oleh pemberontak yang didukung Iran, SPA melaporkan.

Perkembangan tersebut menandai eskalasi baru dalam konflik enam tahun Yaman antara pemerintah Yaman yang didukung koalisi dan pemberontak Huthi, meskipun ada dorongan baru AS untuk mengakhiri permusuhan.

(AFP/age)

  • Bagikan