Batik Air Tunda Penerbangan Palu-Jakarta karena Kaca ‘aneh’

87

CR — Maskapai Batik Air menunda penerbangan nomor ID-6561 rute Palu, Sulawesi Tengah, menuju Jakarta. Pesawat yang dijadwalkan terbang dari Bandar Udara Mutiara Sis-Aljufri pukul 07.00 WITA dan tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 08.45 WIB ini ditunda karena teknisi menemukan kejanggalan.

Kejanggalan yang dimaksud adalah garis melengkung sepanjang kurang lebih 30 centimeter pada permukaan lapisan kaca kokpit (cockpit windshield) di bagian kiri.

_

“Mengenai penyebabnya, masih dalam tahap pemeriksaan,” jelas Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro lewat rilis, Senin (8/3).

Danang menyebut hal itu diketahui saat pihaknya melakukan pengecekan pesawat sebelum keberangkatan (pre-flight check).

Baca Juga :  Suasana Olah TKP Kebakaran Gedung Kejagung

Adapun fungsi lapisan kaca ialah menahan, mengalirkan tekanan, serta menciptakan film tembus pandang di kaca depan guna menunjang penglihatan pilot.

“Oleh karena itu, lapisan dan kaca harus bersih yang berguna sebagai alat bantu awak kokpit (pilot) agar dapat mudah terhubung atau melihat jelas secara visual dengan kondisi di luar pesawat,” terang Danang.

Pesawat kini tengah menjalani pengecekan lebih lanjut sehingga membutuhkan waktu pengerjaan. Perusahaan menyatakan komponen pengganti (spare part) rencananya didatangkan dari Balikpapan dengan perkiraan tiba di Palu pukul 12.40 WITA.

Dengan estimasi pengerjaan penggantian membutuhkan waktu berkisar 2 jam, maskapai memutuskan untuk menunda jadwal keberangkatan dan memberikan kompensasi kepada 151 penumpang terdampak.

Baca Juga :  ICW: Sejak September Polri Beli Alat Pengamanan Demo Rp408 M

Kompensasi yang diberikan sebagai berikut:

1. Pembagian makanan ringan (snack) dan makanan berat (heavy meals) sesuai durasi jam keterlambatan;

2. Kompensasi berupa uang Rp300 ribu;

3. Perubahan jadwal keberangkatan (reschedule);

4. Pengembalian dana dari tiket tunai (refund cash);

5. Pindah terbang terdekat dengan Batik Air (transfer flight) rute Palu – Makassar – Jakarta 14 tamu;

6. Pindah terbang terdekat dengan Wings Air dan Batik Air(transfer flight)rute Palu – Luwuk – Makassar- Jakarta 46 tamu

(well/agt) cnnindonesia