Tips Memilih Makanan Kucing

120

Hobby – Memelihara kucing berarti harus memperhatikan kesehatan dan asupan gizinya pula. Makanya, makanan kucing pun perlu diperhatikan dengan baik, jangan asal memberi makan.

Di pasaran banyak dijual beragam jenis makanan kucing, baik makanan basah (wet food), makanan kering (dry food), hingga makanan cair seperti creamy treats.

_

Nah, bagaimana cara memilih makanan kucing yang tepat untuk Si Meong di rumah?

Dilansir dari The Spruce Pets, Selasa (3/11/2020), berikut sejumlah tipsnya.

1. Nutrisi dasar untuk kucing

Ada beberapa kandungan nutrisi dasar yang harus dipenuhi agar kucing tetap sehat. Pertama, protein yang berasal dari daging sapi, ikan, atau unggas.

Baca Juga :  8 Tanaman Hias Bunga Indoor yang Unik dan Manjakan Mata

Kedua, taurin yang merupakan asam amino penting bagi kesehatan kucing. Selain itu, ada pula vitamin, mineral, enzim, asam lemak, dan air.

Kucing tidak membutuhkan karbohidrat, meskipun jagung, gandum, dan beras kerap digunakan sebagai komposisi dalam produk makanan kucing, baik makanan kering maupun makanan basah kemasan kaleng.

Ilustrasi makanan kucing.

Lihat Foto

Ilustrasi makanan kucing.

Beberapa komposisi lain seperti perasa dan pewarna juga digunakan oleh produsen makanan kucing untuk memenuhi kebutuhan estetika konsumen.

Meskipun makanan kucing juga mengandung pengawet, namun ingat bahwa makanan kucing basah jangan dibiarkan terbuka dalam waktu yang lama.

2. Makanan basah atau makanan kering?

Sejumlah ahli gizi berpandangan bahwa kucing harus mengonsumsi baik makanan basah maupun makanan kering. Ada beberapa alasan.

Baca Juga :  Jenis Tanaman Hias Populer dari Keluarga Talas

Pertama, meskipun makanan kering praktis dan bisa diberikan kapan saja dan cocok untuk semua jenis kucing, namun jangan lupa bahwa makanan basah mengandung air. Banyak kucing tidak minum air secara teratur.

Pastikan kucing di rumah memperoleh gizi dengan jumlah yang tepat.

Selain itu, kucing bisa bosan jika diberikan makanan yang sama terus-menerus. Kalau sudah bosan, dia tidak mau makan.

Oleh karena itu, berikan kucing makanan yang bervariasi secara teratur. Caranya bisa rutin mengganti makanan kering dan makanan basah.

3. Perhatikan alergi