Ciri-ciri dehidrasi lain yang bisa Anda alami

  • Bagikan
61b32f78 37656006p

Health. Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Padahal, cairan sangat dibutuhkan tubuh supaya bisa berfungsi secara normal. Jika ciri-ciri dehidrasi terus dibiarkan, bukan tidak mungkin Anda bisa mengalami dehidrasi berat.

Untuk menghindari hal tersebut, cobalah untuk minum air putih sesuai dengan kondisi Anda. Jika tidak, ada banyak gangguan yang Anda alami. Mulai dari sistem imun tubuh melemah, suhu tubuh terganggu, pelumas sendi berkurang, dan fungsi organ pun mengalami masalah.

Mengutip dari Sisu (sisu.com), tubuh yang kekurangan cairan 1% pun dapat menyebabkan masalah. Misalnya, mood atau perasaan terganggu, sulit berkonsentrasi, dan performa fisik mengalami penurunan. Agar masalah itu tidak Anda alami, cobalah untuk memerhatikan tanda dehidrasi.

Haus

Haus adalah ciri-ciri dehidrasi utama yang bisa Anda alami. Meski demikian, Anda tidak bisa berpatokan pada gejala itu saja. Ada satu kasus di mana tubuh Anda membutuhkan cairan, tapi rasa haus tidak Anda rasakan.

Baca Juga :  Santan kedelai efektif menurunkan kolesterol bila dikonsumsi secara rutin

Baca Juga: Cari cara menghilangkan bau mulut? Ini 4 jawabannya

Bau Mulut

Bau mulut tak sedap jadi salah satu tanda tubuh Anda kekurangan cairan. Saat dehidrasi, tubuh kesulitan memproduksi air liur. Padahal, air liur mengandung antibakteri yang berguna untuk mengurangi bau mulut tak sedap. Supaya tidak mengalami hal itu, cobalah untuk banyak minum air putih, ya.

Sakit Kepala

Salah satu ciri-ciri dehidrasi adalah sakit kepala.

Apakah Anda sering sakit kepala? Kondisi itu bisa jadi salah satu gejala dehidrasi, lo. Mengutip dari Sisu, 80% komponen otak adalah air. Saat tubuh kekurangan cairan, kondisi otak menjadi terganggu sehingga sakit kepala pun muncul.

Dehidrasi juga membuat jumlah darah dalam tubuh menurun sehingga aliran oksigen menuju otak menjadi lebih sedikit. Kondisi tersebut dapat memperparah sakit kepala yang Anda rasakan. Jika sakit kepala tak kunjungi hilang meski Anda sudah minum banyak air putih, segera periksakan diri ke dokter.

Baca Juga :  5 Cara Cegah Sakit Asam Urat

Baca Juga: Inilah 4 kondisi yang menyebabkan pusing dan mual

Mengantuk

Ciri-ciri dehidrasi selanjutnya yang tidak boleh Anda abaikan adalah mengantuk. Selain menyebabkan sakit kepala, kurangnya oksigen yang didistribusikan menuju otak membuat Anda lebih mudah mengantuk. Daripada mengonsumsi kopi atau sumber kafein lain, cobalah untuk minum satu atau dua gelas air putih.

Warna Urin

Warna urin yang Anda keluarkan bisa jadi salah satu tanda dehidrasi, lo. Jika warna urin gelap, tandanya tubuh Anda kekurangan cairan. Namun, saat warna urin transparan, tandanya tubuh Anda menerima lebih banyak cairan daripada yang dibutuhkan. Tubuh memiliki cairan yang cukup jika urin berwarna kuning muda.

Source link

  • Bagikan