7 Tanaman Hias Wangi Cocok Jadi Pengharum Ruangan

  • Bagikan
369497cc mystery gardenia 169


4. Mawar

Rose, Blume, Einzelne Blume, Pflanze, busch, vieleFoto: iStockphoto/deepblue4you
Ilustrasi. Mawar adalah salah satu tanaman hias yang wangi

Bunga rose atau mawar dari famili Rosaceae, sering disebut-sebut sebagai primadona flora yang melambangkan kasih sayang.

Mawar itu sendiri terdiri dari 100 spesies lebih, dan varietas mawar liar biasanya banyak tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk.

Wangi khas dari bunga mawar memang sudah tidak asing karena banyak dimanfaatkan produsen wewangian seperti parfum, lotion, pewangi pakaian maupun pengharum ruangan alami.

5. Bunga Bakung Gunung

Tanaman dengan nama lily of the valley ini memiliki bunga kecil-kecil bentuk mirip lonceng yang memberi aroma menyenangkan. Anda bisa menaruhnya dalam pot sebagai hiasan sekaligus mengharumkan ruangan.

Baca Juga :  Kimilsungia, Anggrek Hadiah Dari Soekarno untuk Kim Il-sung

Bunga ini juga digunakan sebagai bahan dasar pembuatan parfum. Namun, jangan sampai tertelan karena bunga bakung gunung mengandung racun yang bisa berakibat fatal.

6. Lavender

Ilustrasi LavenderFoto: Kaz/Pixabay
Ilustrasi. Lavender adalah salah satu tanaman hias yang wangi


Lavender tergolong tanaman hias dengan bunga beraroma kuat. Menaruh satu pot tanaman lavender sudah bisa membuat ruangan menjadi lebih harum.

Lavender mengandung zat linalool yang berperan sebagai terapi aroma dapat memberi efek anti cemas, rileks, dan membuat pemiliknya jadi lebih cepat tidur.

Baca Juga :  Daftar Tanaman Hias yang Tak Butuh Banyak Cahaya Matahari

Selain itu, kandungan linalool dan linalyl asetatnya sangat tidak disukai oleh nyamuk, sehingga cocok jadi tanaman hias pengusir nyamuk secara alami.


7. Sedap Malam

Tanaman sedap malam dapat memberikan aroma wangi yang tajam khususnya di malam hari.

Tidak hanya menciptakan wewangian, menghirup aroma sedap malam yang disimpan dalam ruangan juga berkhasiat membuat rileks, meningkatkan sirkulasi darah, dan menambah gairah.

Tanaman hias yang wangi seperti sedap malam ini mudah tumbuh dan tahan lama. Anda dapat menanamnya di pekarangan rumah atau meletakkan dalam vas untuk di ruangan.

(avd/fef)cnnindo

  • Bagikan
Positive SSL