7 Tanaman Hias Wangi Cocok Jadi Pengharum Ruangan

  • Bagikan
369497cc mystery gardenia 169

Hobby —Tanaman hias umumnya digunakan untuk memperindah taman ataupun ruangan supaya asri. Tapi ternyata, ada jenis tanaman hias yang mengeluarkan bau wangi sehingga cocok untuk dijadikan pengharum alami.

Tidak hanya itu, manfaat memiliki tanaman dengan aroma wangijuga bisa membuat rileks pemiliknya, terlebih bagi Anda yang sibuk berkegiatan sehari-hari.

Mengutip dari laman Country Living, berikut ini rekomendasi jenis tanaman hias yang menghasilkan wangi-wangian.

1. Bunga Cempaka

Bunga cempaka wangi atau magnolia champaca merupakan tanaman dari anggota suku Magnoliaceae. Ciri pohonnya hijau abadi dengan bunga putih kekuningan sebagai sumber wanginya.

Cempaka wangi juga menjadi flora identitas dari Provinsi Aceh, bahkan di sana dikenal dengan nama Bungong Jeumpa Gadeng.

Baca Juga :  5 Rekomendasi Tanaman Hias di Bawah Rp100 Ribu

Aroma yang dimiliki cempaka sering dijadikan komponen wewangian parfum. Selain itu, ada pula essential oil magnolia dengan berbagai manfaat, salah satunya bisa melembapkan kulit.


2. Gardenia

The White Gardenia Flowers Blooming in The Tree ShopFoto: iStockphoto/wichatsurin
Ilustrasi. Gardenia adalah salah satu tanaman hias yang wangi 

Tanaman hias yang wangi selanjutnya adalah gardenia atau jempiring (kacapiring). Bunga tanaman ini menjadi maskot dari Kota Denpasar, Bali.

Gardenia masuk ke dalam jenis tanaman perdu asal suku Rubiaceae yang pertumbuhannya menghasilkan berbunga, dengan ciri bunga putih dan bergelombang.

Gardenia dapat diletakkan di dekat jendela agar angin yang bertiup menyebarkan wewangian. Bahkan ekstrak gardenia pun dapat digunakan sebagai bahan minyak wangi.

Baca Juga :  10 Tanaman Hias Berbahaya bagi Manusia dan Hewan


3. Sweet Alyssum

Sweet Alyssum (Lobularia maritima) merupakan bunga yang juga mempunyai aroma wangi cukup kuat dan manis seperti madu. Tanaman yang berasal dari wilayah Mediterania ini berukuran sekitar 30 cm.

Batang pada bunga alyssum sangat bercabang dan ditumbuhi bunga-bunga kecil yang padat sehingga strukturnya terlihat merata serta rapi.

Bunga sweet alyssum dapat disimpan dalam vas untuk mengharumkan ruangan. Variasi warnanya terbilang sangat beragam yaitu putih, ungu, merah muda, krem, atau kuning,

  • Bagikan
Positive SSL