Pemerintah Bakal Buka Rekrutmen 1 Juta Guru PPPK untuk ASN 2021

  • Bagikan
209eebc9 22be 44ba a7c9 3e00f56c3d03 169

Jakarta — Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan dari 1,3 juta lowongan aparatur sipil negara (ASN) 2021, kebutuhan guru akan direkrut melalui seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Ia menyebut 1 juta guru akan direkrut melalui seleksi PPPK, mengikuti skema Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Menurutnya, peserta yang bisa mengikuti seleksi tersebut adalah yang sudah terdaftar di Data Pokok Pendidikan.

“Program ini adalah untuk menyelesaikan kekurangan tenaga guru yang selama ini diisi oleh tenaga honorer,” tutur Tjahjo melalui keterangan tertulis, dikutip Selasa (2/3).

Baca Juga :  Sherina Tegur Raffi Tak Pakai Masker, Netizen Riuh

Program rekrutmen guru melalui PPPK dicanangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sebagai solusi potensi kekurangan guru yang diproyeksikan mencapai 1 juta pada tahun ini.

Nadiem menyatakan PPPK memiliki gaji setara dengan pegawai negeri sipil (PNS), sehingga menurutnya guru tak perlu khawatir. Namun berbeda dengan PNS, PPPK tak mendapatkan hak pensiun.

Baca Juga :  Kumpulan Film Terbaru Netflix Sepanjang 2021
  • Bagikan