Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

  • Bagikan
c7dc3691 whatsapp business 169

Gadget — Setelah sukses dengan WhatsApp Messenger yang memiliki miliaran pengguna, layanan perpesanan WhatsApp mengeluarkan WhatsApp Business khusus bagi para pebisnis.

Cara membuat akun WhatsApp bisnis masih sama seperti menggunakan WhatsApp Messenger. Perbedaannya ada pada logo serta fitur yang disesuaikan dengan konsep aplikasinya.

Dilansir dari situs resmi WhatsApp, format WhatsApp Bisnis ini menawarkan sejumlah kelebihan bagi penggunanya untuk memenuhi kebutuhan berbisnis, di antaranya:

  • Dapat membuat katalog untuk menampilkan produk dan layanan
  • Fitur khusus untuk mengotomatiskan, menyortir, dan merespons pesan dengan cepat
  • Memudahkan komunikasi dengan pelanggan terkait produk yang ditawarkan
  • Terhubung dengan mereka di WhatsApp dengan cara yang sederhana, aman, dan reliable
  • Aplikasi WhatsApp Bisnis juga cocok untuk bisnis skala menengah atau besar.

Mengutip dari laman resmi WhatsApp, berikut ini ada panduan untuk membuat akun WhatsApp bisnis yang dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store dan App Store.

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

Ilustrasi Whatsapp. CNN Indonesia/Bisma SeptalismaFoto: CNN Indonesia/Bisma Septalismaa
Ilustrasi. Cara membuat akun WhatsApp bisnis.

  1. Ketuk ikon WhatsApp Business pada layar utama telepon
  2. Tinjau Ketentuan Layanan: Baca Ketentuan Layanan WhatsApp Business > ketuk Setuju dan Lanjutkan untuk menerima ketentuan
  3. Daftar nomor telepon: Pilih negara dari daftar tarik turun untuk menambahkan kode negara > masukkan nomor telepon Anda dalam format nomor telepon internasional
  4. Ketuk Selesai atau Lanjut > lalu pilih OK untuk menerima kode pendaftaran 6 digit melalui SMS atau panggilan telepon
  5. Untuk menyelesaikan pendaftaran, masukkan kode 6 digit yang Anda terima, dan tuliskan pada kolom yang tertera di aplikasi
  6. Izinkan akses ke kontak dan foto: Kontak dari buku alamat telepon Anda dapat ditambahkan ke aplikasi WhatsApp Business
  7. Anda juga dapat mengizinkan akses ke foto, video, dan file yang ada pada telepon
  8. Buat akun: Masukkan nama bisnis > pilih kategori bisnis > lalu pilih foto profil
  9. Buat profil bisnis: Ketuk LIHAT > Profil bisnis. Di sini Anda dapat menambahkan informasi bisnis penting seperti alamat, deskripsi, jam kerja, dan lain-lain
  10. Mulai chat. Profil bisnis Anda sekarang telah disetel. Ketuk atau lalu cari atau pilih kontak yang ingin Anda kirimi pesan. 
Baca Juga :  Gelar Aksi 1812, Berikut Daftar Pengalihan Arus Lalin


Fitur Aplikasi WhatsApp Bisnis

Aplikasi WhatsApp Business memiliki berbagai fitur yang dapat membantu Anda menjalankan bisnis secara lebih efektif dan efisien.

Untuk mempelajari fitur-fitur ini, buka layar chat. Ketuk Opsi lainnya pada Android atau Pengaturan pada iPhone lalu ketuk Fitur bisnis.

Baca Juga :  Diindeks Tidak Dikirim Di Peta Situs, Ini Cara Mudah Memperbaikinya 2021

Setelah itu, Anda bisa melihat berbagai fitur yang tersedia pada aplikasi WhatsApp Business, seperti:

  • Katalog: Tampilkan dan bagikan informasi produk dan layanan melalui akun bisnis Anda.
  • Tautan pendek: Mempermudah pelanggan baru untuk terhubung dengan Anda. Bagikan tautan pendek yang dibuat secara otomatis untuk memungkinkan mereka mengirim pesan ke bisnis Anda.
  • Fitur perpesanan: Gunakan templat perpesanan WhatsApp untuk membuat percakapan penting dari awal. Buat salam yang dikirim secara otomatis untuk berinteraksi dengan pelanggan baru.

Setel pesan di luar jam kerja untuk memberitahu pelanggan kapan Anda dapat merespons pesan mereka atau buat balas cepat untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan.

  • Label: Sortir percakapan dengan pelanggan ke dalam kategori yang dapat membantu Anda, seperti “Pelanggan baru” atau “Pesanan dalam proses”.

Besar bukan manfaat dari membuat akun WhatsApp Bisnis ini? Dengan begitu Anda bisa jauh lebih meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

(avd/fef)Cnnindonesia

  • Bagikan
Positive SSL