Ini Loh Ciri-ciri Kesepian yang Perlu Mendapatkan Perhatian

  • Bagikan
3ae02e4f a5e0 4a82 b00d f189e9d02d8f 169

CR — Kesepian memang lumrah di zaman kiwari. Tapi, jika tak ditangani, kesepian bisa berujung depresi. Kenali ciri-ciri kesepian yang perlu diwaspadai bisa berujung depresi.

“Kesepian itu sesuatu yang lumrah. Setiap orang pasti akan merasa kesepian dalam perjalanan hidupnya,” ujar psikolog Stephanie Reihana, melansir CNNIndonesia.com, beberapa waktu lalu.

Pada dasarnya, kesepian merupakan perasaan saat harapan untuk berinteraksi tak terpenuhi atau tak sesuai ekspektasi. Kesepian juga tak bisa disamaratakan antara setiap orang karena sifatnya yang subjektif.

Baca Juga :  Serial Loki Rilis 11 Juni di Disney+

Namun, yang perlu digarisbawahi, seyogianya kesepian adalah suatu emosi negatif yang berkembang dalam diri. Jika emosi negatif itu tak ditangani dengan baik, kesepian bisa berujung depresi.

“Kesepian itu wajar. Yang tidak wajar adalah ketika tingkat kesepiannya semakin menjadi-jadi hingga mengganggu aktivitas sehari-hari,” kata Stephanie.

Tak ada ciri-ciri khusus dari kesepian. Pada dasarnya, ujar Stephanie, seseorang pasti bisa merasakan kesepian yang muncul. Hanya saja, beberapa orang memilih untuk menutupi atau menolak rasa kesepian yang muncul.

Baca Juga :  Marak Film Ilegal, Kominfo Ingatkan Telegram Sampai Blokir

“Kalau secara psikologis, kesepian seharusnya bisa disadari. Hanya saja, [banyak orang] yang menutupi [kesepian],” ujar Stephanie.

Padahal, saat kesepian itu ditolak dan tidak ditangani dengan baik, emosi negatif itu bisa berujung gangguan mental yang bisa mengancam seseorang.

Ada beberapa ciri-ciri kesepian yang perlu mendapatkan perhatian. Tanda-tanda berikut menandakan bahwa seseorang membutuhkan pertolongan profesional seperti psikolog atau psikiater.

1. Tak bisa mengubah emosi negatif

  • Bagikan