28 Februari: Dari Pertempuran Selat Sunda hingga Penembakan PM Swedia

  • Bagikan
61ac9884 peristiwa 28 februari pertempuran selat sunda hingga penembakan pm swedia

JAKARTA – Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah pada tanggal 28 Februari. Sejumlah peristiwa itu kemudian tercatat menjadi bagian penting dalam momen dunia.

Sejumlah peristiwa yang terjadi pada 28 Februari dari tahun ke tahun di berbagai belahan dunia. Berikut kejadian tersebut, sebagaimana dinukil dari Wikipedia.org, Minggu (28/2/2021):

1942 – Pertempuran Selat Sunda

Pertempuran Selat Sunda merupakan peristiwa yang terjadi selama Perang Dunia II. Pertempuran itu mengakibatkan empat kapal tempur dari pihak-pihak yang bertikai tenggelam dan menewaskan ribuan awaknya di Selat Sunda, Indonesia.

Pada 28 Februari hingga 1 Maret 1942 terjadi pertempuran antara Kapal USS Houston Amerika Serikat dibantu HMAS Perth Australia melawan pasukan utama Angkatan Laut Kekaisaran Jepang. Dalam pertempuran itu Kapal USS Houston Amerika, Kapal HMAS Perth Australia, dan dua kapal perang Jepang tenggelam.

Kemenangan diperoleh pihak Jepang dalam perang ini. Sebanyak 696 awak Kapal Houston dan 375 awak Kapal HMAS Perth tewas tenggelam dalam pertempuran itu. Sementara dari pihak Jepang hanya satu kapal penyapu ranjau dan satu kapal transpor yang tenggelam, tidak diperoleh data korban tewas dari pihak Jepang.

Baca Juga :  Pramugari Cantik Buka Warkop di Tikungan Jalan, Pelanggan: Rasanya...

1947 – Insiden Berdarah 228 di Taiwan

Insiden 28 Februari atau insiden 228 merupakan peristiwa berdarah yang berawal dari pemberontakan anti-pemerintahan di Taiwan. Saat itu Taiwan ditekan oleh Pemerintah Republik China yang dipimpin Kuomintang.

Pemberontakan yang dimulai sejak 28 Februari 1947 tersebut menewaskan ribuan warga sipil. Diperkirakan ada sekira 5.000 hingga 28.000 warga Taiwan yang tewas dibantai dalam pemberontakan itu.

Pemberontakan warga Taiwan tersebut dilatarbelakangi Kuomintang dianggap licik dan kerap korup. Pembantaian itu ditandai dengan dimulainya teror putih, di mana puluh ribu orang hilang dan dipenjara. Peristiwa ini merupakan salah satu momentum terciptanya gerakan kemerdekaan Taiwan.

Baca Juga :  6 Pelaku Pembunuh Wartawan Demas Laira Ditangkap Tim Gabungan Bareskrim, Polda Sulsel dan Polda Sulbar

1948 – Polisi Inggris Menembaki Pawai Tentara

Pada 28 Februari 1948 terjadi kerusuhan di Accra, yang kini merupakan Ibu Kota Ghana. Saat itu Accra merupakan kawasan koloni atau jajahan Inggris di Gold Coast. Pemicu kerusuhan di Accra disebabkan karena adanya seorang veteran tentara yang ditembak mati oleh kepolisian Inggris.

Awalnya terjadi pawai atau aksi unjuk rasa di Accra yang dimotori oleh para veteran tentara. Kemudian pawai itu dibubarkan oleh Kepolisian Inggris. Terdapat letusan tembakan dalam pembubaran tersebut. Sebanyak tiga orang dilaporkan tewas akibat aksi penembakan, salah satunya, Sersan Nii Adjetey.

Nama Sersan Nii Adjetey diabadikan di Accra. Tak hanya itu, insiden ini memicu dimulainya proses kemerdekaan bagi Gold Coast sebagai Ghana–Koloni Afrika pertama yang menginginkan pembebasan atau kemerdekaan.

  • Bagikan