duh, Sumber Covid-19 Masih Misteri, Bukan dari Pasar Hewan Wuhan

  • Bagikan
b954a023 6287 4d01 bbd1 7aef90f00e28 169

Dalam penelitian, ditemukan bukti bahwa beberapa satwa liar peliharaan mungkin rentan terhadap SARS-CoV-2. Namun, tidak satupun dari produk hewani yang diambil sampelnya setelah penutupan pasar dinyatakan positif SARS-CoV-2.

“Kami juga tahu tidak semua dari 174 kasus Covid-19 awal pertama itu mengunjungi pasar, termasuk pria pertama yang didiagnosis (positif Covid-19) pada Desember 2019,” ujarnya.

Meski demikian, Dwyer mengaku tidak begitu sulit untuk melihat bagaimana infeksi bisa menyebar di sana setelah mengunjungi pasar yang telah ditutup. Sebab, akan ada sekitar 10.000 orang yang berkunjung setiap hari, dalam jarak dekat, dengan ventilasi dan drainase yang buruk saat pasar itu masih dibuka.

Selain itu, ada juga bukti genetik yang dihasilkan selama misi cluster transmisi di Wuhan. Urutan virus dari beberapa kasus pasar, kata dia identik menunjukkan adaya cluster penularan.

Baca Juga :  Sinopsis Hercai Episode 23, Selasa 8 Desember 2020 - NET TV

“Namun, ada beberapa keragaman dalam urutan virus lainnya, yang menunjukkan rantai penularan lain yang tidak diketahui atau tidak tercontohkan,” ujar Dwyer.

Melansir Business Insider, Dwyer berkata pemodelan rangkaian SARS-CoV-2 memperkirakan awal pandemi antara pertengahan November dan awal Desember 2019. Publikasi lain menyebut peredaran SARS-CoV-2 di berbagai negara  sebeanrnya lebih awal dari kasus pertama di Wuhan. Versi kedua dinilai memerlukan konfirmasi. 

“Pasar di Wuhan, pada akhirnya, lebih merupakan peristiwa yang menguatkan daripada sekadar titik nol yang sebenarnya. Jadi kita perlu mencari di tempat lain untuk asal-usul virus,” ujarnya.

Tampik teori virus dibawa dari makanan beku

Teori lain menyebut kemungkinan penularan dari makanan beku. Teori ini berhopotesis kalau virus dibawa dari tempat lain lewat kegiatan pertanian, perikanan, dan pemrosesan makanan, yang kemudian dibekukan dan dikirim ke China.

Baca Juga :  Thailand Buka Pintu bagi Turis yang Sudah Divaksin

Tapi, Dwyer menampik kemungkinan ini. Tidak terbukti bahwa hal ini dipicu oleh asal virus itu sendiri. Tidak diketahui juga sejauh apa cara ini berkontribusi pada penularan Covid-19.

Dalam investigasi saat itu, dia berkata pihaknya mengambilan sampel lingkungan di pasar yang menunjukkan kontaminasi virus. Namun, beberapa produk makanan beku yang ada di pasar Wuhan tidak diuji kandungan virusnya.

Tapi, pada pengambilan sampel lingkungan di pasar menunjukkan ada kontaminasi virus di permukaan. Ini mungkin menunjukkan masuknya SARS-CoV-2 melalui orang yang terinfeksi, atau produk hewani yang terkontaminasi dan produk makanan beku. Investigasi produk makanan beku dan kelangsungan hidup virus pada suhu rendah masih dilakukan.

(jps/eks)cnnindonesia

  • Bagikan
Positive SSL