duh, Sumber Covid-19 Masih Misteri, Bukan dari Pasar Hewan Wuhan

  • Bagikan
b954a023 6287 4d01 bbd1 7aef90f00e28 169

CR — Badan Kesehatan Dunia (WHO) melakukan penyelidikan terkait dengan asal-usul virus corona SARS-CoV-2 yang menyebabkan penyakit Covid-19. Penyelidikan dilakukan dengan mendatangi Wuhan, China, tempat pertama kalinya virus itu diidentifikasi.

Ilmuwan Universitas Sydney, Dominic Dwyer mengatakan virus itu bukan berasal dari laboratorium sebagaimana yang beredar di internet. Dwyer, salah satu orang yang terlibat dalam penyelidikan itu menyimpulkan virus itu kemungkinan besar berasal dari hewan.

SARS-CoV-2, kata dia mungkin menyeberang ke manusia dari kelelawar, melalui hewan perantara yang belum diketahui dan juga di lokasi yang tidak diketahui. Pola itu sama seperti pandemi sebelumnya, seperti MERS atau SARS.

Baca Juga :  Amanda Manopo Pake Kacamata Jutaan, Netizen: Stylenya Bikin Ngiler

“Kami masih berupaya untuk memastikan rangkaian peristiwa yang tepat yang menyebabkan pandemi saat ini. Pengambilan sampel kelelawar di provinsi Hubei dan satwa liar di seluruh China belum mengungkapkan SARS-CoV-2 hingga saat ini,” ujar Dwyer, melansir The Conversation

Baca Juga :  Lagi Viral Meme Ronaldo Geser Botol Coca Cola

Selama di Wuhan, Dwyer dkk mengunjungi pasar basah Wuhan yang sekarang sudah tutup, yang pada hari-hari awal pandemi, dituding sebagai sumber virus. Mereka menemukan beberapa kios di pasar menjual produk satwa liar yang ‘dijinakkan’, seperti tikus bambu hingga musang.

  • Bagikan
Positive SSL