Hore Kuota Belajar Kemendikbud 2021 Hanya Ada Kuota Umum

  • Bagikan
db6123ec cara ubah kuota belajar telkomsel jadi kuota reguler

Tahun lalu kuota belajar yang diberikan lebih besar dibanding kuota umum. Mulai jenjang PAUD hingga universitas, kuota umum yang diterima sama, yakni 5 GB. Sementara kuota belajar yang diterima masing-masing jenjang pendidikan berbeda-beda.

Kuota belajar untuk peserta didik PAUD sebesar 15 GB , lalu siswa pendidikan dasar dan menengah mendapat 35 GB. Sementara pendidik PAUD, SD, SMP, SMA, mendapat kuota belajar sebesar 37 GB. Sementara kuota belajar untuk mahasiswa dan dosen yang didapat adalah sebesar 45 GB.

Lebih lanjut, Nizam menejelaskan salah satu pertimbangan kebijakan ini karena pada semester lalu, pemakaian kuota umum lebih banyak ketimbang kuota belajar.

Baca Juga :  Waduh ! HP Android Versi 7.11 Kebawah Tak Bisa Akses Internet Lagi pada 2021

“Karena pembelajaran juga banyak mengakses bahan belajar dari Internet dan platform-platform umum,” imbuhnya.

Nizam tidak merinci berapa besaran kuota utama yang akan didapatkan. Ia hanya mengatakan, besaran kuota akan disesuaikan dengan kebutuhan.

Senada dengan Nizam, Ketua Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI), Merza Fachys, juga mengatakan bahwa besaran kuota belajar akan berubah. Merza mengatakan saat ini, pembicaraan mengenai besaran kuota masih dibicarakan ATSI dan Kemendikbud.

“Operator tentu saja akan mengikuti apa yang akan diputuskan Kemendikbud,” kata Merza melalui pesan singkat.

Baca Juga :  Piala FA: Man City Lolos ke Babak Kelima

Nizam mengatakan target penerima subsidi kuota internet untuk PJJ tahun 2021 masih sama seperti tahun lalu.

Nizam berharap agar nantinya, penerima bantuan kuota internet bisa memanfaatkan kuota belajar ini secara bijak. Ia tidak mengatakan bahwa akan ada pembatasan aplikasi atau platform yang diakses melalui kuota utama.

“Harapan kami adik-adik bisa dewasa dan bisa memilih dan memilah akses yang baik, dibawah bimbingan guru atau dosen,” kata Nizam.

sumber kompas.com

  • Bagikan
Positive SSL