Hore Kuota Belajar Kemendikbud 2021 Hanya Ada Kuota Umum

102

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim memastikan subsidi kuota internet untuk menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) akan dilanjutkan tahun ini.

Mendikbud mengatakan, subsidi akan diberikan pada bulan Maret hingga Mei 2021 mendatang.

_

“Bantuan subsidi kuota, kabar gembira akan dilanjutkan untuk bulan Maret, April, dan Mei 2021,” kata nadiem dalam Rapat kerja Bersama Komisi X DPR, Rabu (20/2/2021) yang disiarkan secara virtual di kanal YouTube Komisi X DPR RI Channel.

Baca Juga :  Sering Dipeluk Bikin Anak Anda Lebih Tangguh Terhadap Perundungan

Namun, mekanisme kuota internet nanti akan berbeda dari tahun lalu. Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud, Nizam mengatakan pemerintah hanya akan menyediakan kuota utama saja, tidak ada kuota belajar.

“Berdasar pengalaman semester lalu, kuota akan disatukan menjadi kuota utama,” kata Nizam melalui pesan singkat melansir KompasTekno, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga :  Oliveira Sempurna, Juara Dunia Gagal Finish di MotoGP Portugal

Kuota utama merujuk pada kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh platform internet. Tahun lalu, selain kuota umum, Kemendikbud juga menyediakan kuota belajar.

Sedangkan kuota belajar hanya bisa digunakan untuk mengakses situs dan aplikasi tertentu penunjang PJJ, seperti situs web kampus, aplikasi belajar, dan platform video konferensi.