Mengenal Marie Thomas Yang Jadi Icon Google Doodle Hari Ini

  • Bagikan
096f7a18 google doodle merayakan ulang tahun ke 125 dr marie 210217061602 520

Google Doodle merayakan ulang tahun ke 125 Dr Marie Thomas. Google menampilkan seorang dokter perempuan sedang diterangi lampu, mengalungi stetoskop sambil menggendeong bayi. Siapakah Marie Thomas?

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama yang menjadi lulusan STOVIA pada tahun 1922. Dari data Wikipedia, Marie Thomas lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896. 

Dia  adalah seorang wanita Indonesia pertama yang menjadi dokter. Dia lulus dari Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922. Dia kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi.

Baca Juga :  Valentino Rossi Terancam Gagal Tampil MotoGP Eropa

Marie Thomas memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) (sekarang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo). Dia kemudian bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia dan bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang didirikan oleh yayasan SOVIA. 

Baca Juga :  Debut Pertama Rossi Bersama Petronas Yamaha

Marie Thomas merupakan dokter Indonesia pertama yang menjadi spesialis dalam bidang  obstetri dan ginekologi. Dia juga mendirikan sebuah sekolah kebidanan di Bukittinggi. Dia wafat di Bukittinggi, Sumatra Barat, 10 Oktober 1966 pada umur 70 tahun.

AG

  • Bagikan
Positive SSL