jejak Kim Soo-hyun, dari Panggung Teater Jadi Aktor Termahal Korea

  • Bagikan
1936ef7c kim soo hyun 2 169

CR — Kim Soo-hyun genap berusia 33 tahun pada hari ini, Selasa (16/2). Ia menempuh jalan panjang hingga akhirnya menjadi aktor dengan bayaran termahal di Korea dalam beberapa tahun ini.

Meski lahir sebagai putra Kim Chung-hoon, vokalis band 80-an, Seven Dolphins, Soo-hyun merupakan anak pemalu. Saat remaja, sang ibu pun mendorongnya mengikuti kelas akting untuk mengatasi rasa malunya.

Kim Soo-hyun baru benar-benar berkembang ketika SMP dan SMA. Kala itu, Kim Soo-hyun tampil teater A Midsummer Night’s Dream karya Shakespeare, kemudian Grease dan Hamlet. Pada 2006, ia resmi lulus dari SMA d Gangnam dan memulai kariernya di layar kaca pada 2007.

Pilihan Redaksi

Saat berusia 19 tahun, Kim Soo-hyun debut sebagai aktor dengan menjadi pemeran pembantu dalam sitkom keluarga Kimchi Cheese Smile.

Ia berhasil mendapatkan peran utama pada 2008 dalam drama Jungle Fish yang tayang di KBS dan memenangkan US Peabody Award.

Soo-hyun kemudian membintangi beberapa drama setelah itu. Namun, namanya baru benar-benar mencuat setelah membintangi drama musikal remaja, Dream High, pada 2011.

Drama itu dibintangi sederet idol generasi kedua, seperti Suzy Miss A, Taecyeon dan Wooyoung 2PM, Eunjung T-ara, dan IU. Drama ini hadir bersamaan dengan makin marak hallyu secara global, termasuk Indonesia.

Baca Juga :  Mark Sungkar Bangga Jadi Imam Salat Id

Dalam Dream High, Kim Soo-hyun juga menyumbangkan suaranya untuk mengisi lagu tema, Dreaming dan Dream High, bersama para pemeran lainnya.

Namanya semakin meroket saat membintangi drama Moon Embracing the Sun. Drama tersebut mendapatkan rating hingga 42,2 persen dan diberi label sebagai drama nasional. Ia juga kembali menyumbangkan suaranya untuk lagu tema drama itu.

Sejumlah drama hit ia bintangi dalam beberapa tahun terakhir, salah satunya adalah My Love From the Star yang membuatnya mendapat hadiah utama (Daesang) di Korean Drama Awards 2014, juga Most Popular Actor di BaekSang Arts Awards.

Popularitas KimSoo-hyun membuatnya pernah menjadi bintang iklan dari 17 produk dalam satu waktu yang menghasilkan 8 miliar won kala itu. Ia pun sempat dinobatkan menjadi King of Commercials.

South Korean actor Kim Soo-Hyun attends his Kim Soo-hyun. (AFP/Mandy Cheng)

Bayaran iklan Kim Soo-hyun dilaporkan meningkat setelah My Love from the Star. Sebelum membintangi drama itu, ia dikabarkan menghasilkan US$550 ribu per iklan. Namun, setelah membintangi drama tersebut, tarifnya naik menjadi US$720 ribu-US$900 ribu.

Ia tak hanya menjadi bintang iklan di Korea, tapi juga sampai ke China.

Ia juga membintangi The Producers yang menjadi ajang reuninya bersama IU setelah Dream High. Setelah itu, Kim Soo-hyun sempat absen beberapa tahun dari layar kaca karena menjalani wajib militer.

Baca Juga :  Aturan Bea Meterai Rp10.000 Terbit Pekan Depan

Soo-hyun kembali lagi ke layar kaca dengan menjadikameo dalam Hotel Del Luna, drama terbaru dari sahabatnya IU, dan juga Crash Landing On You. Setelah itu, aktor asal Seoul ini menjadi bintang utama dalam drama It’s Okay to Not Be Okay.

Tak hanya drama, Kim Soo-hyun juga membintangi beberapa film hit yang membesarkan namanya, seperti The Thieves bersama Jun Ji-hyun dan Secretly Greatly, yang membuatnya dikenal sebagai Dong-goo.

Dalam kehidupan sehari-hari, ia dikenal sebagai salah satu artis yang sering berdonasi, mulai untuk orang berkekurangan, korban Sewol, hingga gerakan membela hak anak. Kim Soo-hyun juga pernah diberi penghargaan karena tak pernah luput membayar pajak setiap tahun.

Sebagaimana dilansir South China Morning Post, pada 2020 lalu Kim Soo-hyun dinobatkan sebagai aktor Korea termahal dengan biaya penampilan per episode sekitar US$165 ribu atau setara Rp2,2 miliar. Dengan demikian, penampilannya dalam 16 episode It’s Okay to Not Be Okay bisa mencapai Rp36,1 miliar.

Dalam waktu dekat, Kim Soo-hyun akan membintangi drama Criminal Justice versi Korea bersama Cha Seung-won. Drama tersebut dijadwalkan tayang pada semester kedua 2021.

(chri/has)cnnindonesia

  • Bagikan