Benda Terjauh di Tata Surya, 5 Kali Lebih Jauh dari Pluto

  • Bagikan
e3cf683c 9001 4006 aa6e 11b808fbc011 169

CR — Salah satu benda langit, Farout, telah kehilangan predikat sebagai benda terjauh di Tata Surya. Sebab, para peneliti baru saja menemukan satu lagi benda angkasa terjauh, Farfarout.

Predikat ini hanya bertahan dua tahun. Sebab, kini para astronom memberi predikat baru buat Farout: objek Tata Surya terjauh yang diketahui.

Farfarout sendiri saat ini berjarak 132AU atau sekitar 19,8 miliar kilometer dari Matahari dan jarak terjauhnya sejauh 175AU. Sementara jarak orbit Farout dari Matahari ‘hanya’ 120AU.

Sebagai perbandingan, Pluto berjarak 34AU dari Matahari. Berarti jarak Farfarout lima kali lebih jauh dari jarak Pluto. Sehingga, Farout membutuhkan waktu sekitar 1.000 tahun untuk menyelesaikan satu kali orbit mengelilingi Matahari.

Baca Juga :  Semua Kaget Jika Mir Juara

“Karena periode orbit yang sangat panjang, Farfaraout bergerak sangat lambat di angkasa. Butuh pengamatan beberapa tahun untuk menentukan lintasannya,” jelas David Tholen, astronom di Universitas Hawaii dalam pernyataan, seperti dikutip Gizmodo

Para peneliti pertama kali mendeteksi Farfarout pada 2018 menggunakan teleskop Subaru di Mauna Kea di Hawaii. Namun, mereka harus menggunakan teleskop Gemini dan Magellan untuk memverifikasi orbit benda langit ini pada tahun-tahun berikutnya.

Farout masuk dalam golongan Planetoid. Hingga saat ini, masih belum banyak petunjuk soal Planetoid, sehingga tidak mengherankan jika benda langit ini masih misterius.

Para ilmuwan percaya Planetoid ada di “ujung bawah” dari skala planet kerdil. Sebab, diameter benda ini hanya di bawah 400,7 kilometer (249 mil) dan berinteraksi dengan Neptunus.

Baca Juga :  Rupiah Lesu ke Rp14.090 per Dolar AS Usai Vaksin RI

Para ahli memperkirakan objek ini terlempar jauh ke luar Tata Surya setelah lewat terlalu dekat dengan Neptunus di masa lalu. Diperkirakan Farout akan bereaksi lagi terhadap Neptunus karena orbit keduanya berpotongan.

Penemuan Farfarout sebagai ‘objek Tata Surya terjauh yang diketahui’ dilakukan lantaran para ahli menduga ada banyak Planetoid di Tata Surya.

Anggota tim peneliti Scott Sheppard berpendapat bahwa planetoid Farfarout “hanyalah puncak gunung es” untuk objek-objek yang jauh dari Tata Surya, seperti dikutip Engadget

Kehadiran banyak teleskop yang sangat besar dilengkapi dengan kamera resolusi tinggi, akan membuat pemahaman lebih baik terhadap pengamatan benda langit.

cnn

  • Bagikan