7 Fakta Menarik Film Parasite Tayang Perdana di Trans7 Malam Ini

  • Bagikan
23ff662d bcb1 4979 8252 2a57567db9e8 169

CR – Film Parasite (2019) menjadi buah bibir saat penayangan perdananya. Film karya sutradara Bong Joon-ho tersebut dihujani ulasan positif karena jalan ceritanya yang tak terduga.

Tak cukup 4 piala Oscar yang mereka raih pada tahun 2020, total Parasite meraih 294 penghargaan dari berbagai macam ajang. Sejumlah fakta film Parasite membuat film ini layak ditonton lagi.

Fakta-fakta Film Parasite (2019)

Banyak hal yang mungkin tidak disadari penonton ketika menyaksikan dan mengulas film ini. Berikut fakta-fakta menarik film The Parasite:

1. Terinspirasi dari pengalaman sutradara

Salah satu konflik dalam film ini dimulai saat Ki-woo (Choi Woo-sik) menjadi guru privat anak dari tuan Park (Lee Sun-kyun). Hal tersebut juga pernah dilakukan sang sutradara Bong Joon-ho di dunia nyata.

Dilansir dari Variety, Joon-ho mengaku pernah menjadi guru privat di keluarga kaya saat ia duduk di bangku kuliah. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama.

“Saya sangat buruk di pelajaran Matematika, dan saya dipecat setelah 2 bulan” ujar Joon-ho.

Parasite
dok. CJ EntertainmentSalah satu fakta Parasite adalah, kisah menjadi guru privat adalah pengalaman sang sutradara (Foto: dok. CJ Entertainment)

2. Para pemeran tak tahu cerita Parasite saat ditawari bermain

Dilansir dari BuzzFeed, ketiga pemeran utama Choi Woo-sik, Song Kang-ho, dan Park So-dam tak tahu jalan cerita Parasite saat ditawari bermain oleh sang sutradara.

Baca Juga :  4 Catatan Buruk Liverpool Takluk di Anfield

Mereka mempercayai proyek belum jelas yang ditawarkan Bong Joon-ho. Bahkan, dilansir dari IMBC, Park So-dam mengaku hanya diminta memainkan peran anak perempuan dari Song Kang-ho.

3. Kalau menolak, proyek Parasite batal

Melalui sesi wawancara yang disiarkan oleh IMDb, awalnya Bong Joon-ho cemas apakah Song Kang-ho mau atau tidak mengambil peran utama dalam film. Joon-ho mengatakan berniat membatalkan Parasite jika Joon-ho menolak tawarannya.

Film 'Parasite'. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)Jika Song Kang-hoo menolak tawaran bermain, maka film Parasite berniat dibatalkan (Foto: (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council))

4. Sutradara mencontohkan hampir semua adegan

Dalam sambutannya di Toronto International Film Festival (TIFF 2019), Bong Joon-ho menjelaskan bahwa ia mencontohkan langsung hampir semua adegan di film pada aktor dan aktris. Hal tersebut dilakukan agar imajinasinya terhadap adegan bisa betul-betul terjadi.

5. Judul awal film ini bukan Parasite

Fakta Parasite selanjutnya, seperti diberitakan The Hollywood Reporter, saat proses produksi, film ini berjudul The Décalcomanie. Nama Parasite muncul ketika sutradara dan penulis cerita menyunting hasil akhirnya.

Décalcomanie adalah hal yang ketika menggambar sesuatu di satu sisi kertas dengan tinta, dan kemudian kertas dilipat, maka akan ada ua gambar yang serupa, tapi sebenarnya tidak.

Baca Juga :  Lolos Gelombang 12? Pastikan Semua Data Sama Agar Insentif Cair

6. Set rumah keluarga Kim adalah sebuah tangki air

Seting awal dalam film ini adalah lingkungan rumah keluarga Kim yang kumuh. Set tersebut ternyata merupakan suatu benda besar yang memiliki fungsi sama dengan tangki air.

Para kru set dan desain film ini mengunjungi sejumlah kawasan kumuh untuk menemukan rumah-rumah terlantar, kemudian diambil barang-barang dan bahannya untuk membuat set tersebut.

Film 'Parasite'.Fakta menarik Parasite: Set perumahan keluarga Kim dibuat di dalam tangki air (Foto: Dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)

7. Lantai 2 rumah tuan Park sebenarnya tidak ada

Proses syuting film Parasite tak lepas dari “special effect”. Rumah keluarga tuan Park sebetulnya hanya 1 tingkat, sementara tingkat keduanya merupakan hasil rekayasa green screen. Tak hanya itu, sang sutradara mengatakan ada 480 shot yang menggunakan special effect.

“Tapi kita tidak akan pernah merasakannya di film”, ujar Bong Joon-ho.

Itu lah sejumlah fakta film Parasite yang mungkin tak terpikirkan sebelumnya oleh penonton. Film ini akan ditayangkan ulang di Trans7 pada 14 Februari 2021 pukul 21.00 WIB.

cnn

  • Bagikan