4 Tanda Kiamat, Salah Satunya Banyak Ulama Meninggal

  • Bagikan
eefc76e2 perbedaan kiamat sugra dan kubra beserta tandanya yang perlu dipahami

Islami – Ada 4 tanda kiamat akan terjadi. Huru-hara akan terjadi dan sejatinya umat muslim memang harus mengimani akan terjadinya Hari Kiamat.

Namun hanya saja, mengenai kapan waktunya hari akhir akan tiba hanya Allah SWT saja yang tahu.

Kiamat merupakan peristiwa paling menakutkan bagi seluruh makhluk yang hidup di alam semesta. Pasalnya saat kiamat tiba, seluruh alam semesta beserta isinya akan hancur lebur tanpa bersisa.

Mengutip dari buku berjudul “Dahsyatnya Hari Kiamat: Rujukan Lengkap Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya berdasarkan Al-Qur’an dan As-Sunnah Karya Ibnu Katsir, pada Sabtu  (13/2/2021), sebelum hari kiamat tiba, akan terjadi huru-hara yang akan melanda manusia khususnya umat Islam.

Baca Juga :  Berkali-kali Disebut Rasulullah SAW Binatang Buas ini Akan Muncul Sebagai Tanda Kiamat

1. Islam Kembali Asing sebagaimana Awal Kedatangannya

Di dalam Ash-Shahit disebutkan hadis al-A’masy dari Abu Ishaq dari Abu al-Ahwash dari Abdullah bin Mas’ud, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya, Islam mulai dalam keadaan asing dan akan kembali asigg sebagaimana semula. Karena itu, berbahagialah orang-orang asing.” Seseorang bertanya, “Siapakah orang-orang asing itu?” Beliau bersabda, “Orang-orang yang menyingkir dari setiap kabilah.” Ibnu Majah meriwayatkan hadis ini dari Anas dan Abu Hurairah.

2.Perpecahan Umat

Ibnu Majah berkata, “Abu Bakar bin Abi Syaibah bercerita kepada kami, Muhammad bin Basyar menuturkan kepada kami, Muhammad bin Amru mengisahkan kepada kami dari Abu Salamah dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah bersabda: ‘Orang-orang Yahudi terpecah menjadi 71 kelompok dan umatku terpecah menjadi 73 kelompok’.” (HR. Ibnu Majah).

Baca Juga :  4 Sifat Wanita Sholehah, Apakah Kamu Termasuk Salah Satunya

3.Hilangnya Ilmu dengan Wafatnya Para Ulama

Dalam Ash-Shahil disebutkan dari Abdullah bin Amru bahwa Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak akan mencabut ilmu sekaligus dari manusia. Akan tetapi, Allah mencabut ilmu dengan kematian para ulama sehingga ketika tidak ada lagi orang berilmu, orang-orang menjadikan pemimpin yang bodoh kemudian mereka memberikan fatwa tanpa ilmu sehingga mereka sesat dan menyesatkan.” (HR. Bukhari).

  • Bagikan