Pengguna WordPress Wajib Update Plug-in Ini

  • Bagikan
fdd4b403 6023c62f62d36

Aplikasi pendukung (plug-in) berupa galeri gambar yang bisa dipasang di website berbasis WordPress, NextGEN Gallery dikabarkan terjangkit dua celah keamanan (bug) yang mengkhawatirkan.

Berdasarkan laporan teranyar dari periset keamanan siber Wordfence Threat Intelligence, dua bug tersebut masing-masing memiliki kode CVE-2020-35942 dengan skor tingkat keparahan (CVSS) 9,6 (critical) dan CVE-2020-35943 dengan skor CVSS 8,8 (high).

Meski berbeda, kedua bug ini memungkinkan peretas (hacker) membobol atau mengambil alih situs dengan metode yang disebut cross-site request forgery (CSRF). Karena itu, pengelola website yang menggunakan WordPress, wajib meng-update plug-in ini.

Lewat metode CSRF, peretas bisa menyelipkan berbagai kode berbahaya secara diam-diam, ke dalam sebuah elemen dari suatu website, dalam hal ini galeri foto NextGEN.

Baca Juga :  Mau Themes dan Plugin Premium Gratis ? Cek Disini

Lalu, kode-kode tersebut akan berjalan apabila diklik oleh pengguna yang memiliki akses ke situs itu, biasanya para pengguna yang terdaftar atau admin.

Peretas pun akan melakukan beragam cara untuk memanipulasi pengguna yang memiliki akses, supaya kode yang mereka selipkan bisa dieksekusi.

Nah, jika hacker tersebut berhasil mengakses, mereka bisa melakukan beragam hal yang tidak diinginkan pada situs yang diretas dari jarak jauh, seperti membajak, mengalihkan beragam link ke situs berbahaya, mengirimkan spam, dan lain sebagainya.

Untungnya, kedua bug yang ditemukan pada 14 Desember lalu ini sudah ditambal oleh sang pembuat plug-in, Imagely pada 17 Desember lalu melalui pembaruan NextGEN Gallery versi 3.5.0.

Baca Juga :  Cara Membuat Safelink di Wordpress 2021

Kala itu, sekitar 800.000 pengguna yang telah memasang Next-GEN Gallery di situs WordPress mereka disarankan untuk segera memperbarui plug-in ini.

Namun, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BleepingComputer, Kamis (11/2/2021), baru ada sekitar 300.000 pengguna saja yang sudah mengunduh versi teranyar dari NextGEN Gallery, per awal minggu Februari ini.

Artinya, sekitar 500.000 pengguna plu-in ini di WordPress belum memperbarui plug-in tersebut, dan rentan akan serangan para peretas.

Nah, apabila Anda memiliki situs WordPress yang menggunakan plug-in NextGEN Gallery, ada baiknya untuk memperbaruinya melalui tautan berikut ini.

kompas

  • Bagikan