Bocor di Internet, Ini Fitur Android 12

Tampilan dan fitur Android 12 yang diperkirakan akan meluncur akhir tahun ini, bocor di internet.

Diperkirakan Android 12 memberikan lebih banyak perubahan signifikan ketimbang Android 11. Saat ini, belum semua ponsel juga mendapat Android 11.

Versi akhir Android 12 diperkirakan bakal bisa dilihat pada September ketika Google Pixel 6 diperkirakan meluncur. Sistem operasi ini juga diperkirakan akan muncul lebih dulu di Pixel 5 dan 4a.

Sementara untuk ponsel Android lain, pembaruan software akan bergantung pada para pemanufaktur. Pembaruan bisa memakan waktu berbulan-bulan. Sehingga, tak heran jika banyak pengguna baru bisa menikmati sistem operasi anyar ini pada tahun depan.

Baca Juga :  TERBARU! 27 Test Motivasi dan Kemampuan Dasar Kartu Prakerja 2021

Berikut sejumlah fitur baru yang ditawarkan Android 12:

1. Pemberitahuan privasi

Sistem operasi baru ini akan memberi notifikasi atau pemberitahuan jika mikrofon dan kamera ponsel sedang digunakan oleh suatu aplikasi, dilansir XDA Developer

2. Home bakal diisi widget

Halaman home bakal dihiasi oleh widget. Kali ini Android memberikan widget percakapan yang isinya berisi pesan terakhir, panggilan telepon yang terlewat, dan status aktivitas. Ketika diatur dalam ukuran terkecil, widget ini hanya akan menampilkan satu hal saja.

Baca Juga :  Ketua MPR Desak Pemerintah Perbaiki Data Penerima Bansos

3. Setting lebih sederhana

Pada tampilan baru, Android 12 hanya menyematkan empat ikon pada bagian pengaturan alih-alih 6. Sehingga, opsi ikon-ikon itu tampil lebih besar, seperti dilansir GSM Arena

4. App Pair

Fitur ini berguna untuk berbagi dengan perangkat terdekat dengan gestur ‘mengetuk dua kali di bagian belakang ponsel. App pair bisa digunakan untuk berbagi sandi Wi-Fi dengan perangkat terdekat.

AG

[wp-rss-aggregator sources="34413"]