Harus Tau! 7 Tanaman yang Bisa Mengusir Lalat di Rumah Halaman

12

Berbagai serangga kerap hadir di rumah, mengganggu kenyamanan aktivitas Anda sekeluarga. Ini termasuk kehadiran lalat di rumah.

Lalat yang terbang ke sana ke mari di sekitar Anda di rumah tentu saja mengganggu dan menyebalkan. Oleh karena itu, membasmi lalat menjadi pilihan yang dirasa tepat.

Ada banyak produk pembasmi lalat yang tersedia di pasaran. Akan tetapi, kenapa tidak meletakkan tanaman yang mampu membasmi lalat di dalam rumah?

Dilansir dari The Practical Planter, Senin (8/2/2021), berikut beberapa tanaman pengusir lalat yang dapat diletakkan di rumah.

Ilustrasi kemangi

Ilustrasi kemangi(shutterstock)

1. Kemangi atau basil

Tanaman kemangi yang sehat akan terlihat bagus di jendela dapur yang cerah, menawarkan aroma yang harum ke ruangan sekaligus mencegah lalat yang berkeliaran.

Bersamaan dengan cahaya langsung, kemangi perlu disiram secara teratur, dan sedikit semprotan dari botol gerimis sesekali tidak akan merugikan.

Kemangi atau basil tidak terlalu rewel, dan jika tanah di atasnya mengering, seharusnya baik-baik saja.

Sebagai tanaman tahunan, kemangi akan memasang tangkai bunga kecil di akhir musim panas sehingga bisa berbiji. Agar tanaman Anda hidup lebih lama, pangkas bunganya segera setelah mereka mulai berkembang.

Baca Juga :  7 Alasan Kucing Menjilati Kita

2. Mint

Daun mint bisa tumbuh cukup besar, jadi Anda memerlukan pot berukuran cukup besar dan banyak ruang dengan setidaknya 4 jam sinar matahari atau bahkan pencahayaan tidak langsung.

ILUSTRASI - Daun mint

ILUSTRASI – Daun mint(Pixabay)

Situasi terbaik adalah cerah di pagi hari dan kemudian cahaya redup untuk sisa hari itu.

Air secukupnya agar tidak langsung mengering, biasanya hanya saat permukaan tanah sudah kering saat disentuh. Tanah harus hilang dan cepat buang kelebihan air.

Pangkaslah tanaman Anda atau tanaman akan tumbuh lebih cepat dan melebihi ukuran pot. Anda mungkin masih harus membagi dan sesekali mengganti pot. 

Saat memilih variasi mint untuk tanaman hias, pilih salah satu dengan aroma terkuat yang Anda bisa peroleh. Spearmint adalah pilihan yang bagus.

Ilustrasi bunga marigold.

Ilustrasi bunga marigold. (PIXABAY/BISHNU SARANGI)

3. Marigold

Jika Anda mencoba mencegah lalat putih, Anda harus mencoba menambahkan beberapa marigold ke dalam ruangan.

Baca Juga :  7 Daftar Tanaman Hias Cantik yang Sulit Dirawat

Meskipun tanaman ini lebih baik sebagai tanaman luar, Anda mungkin dapat mengelola satu atau dua pot jika Anda menyediakan cukup cahaya.

Mereka tidak hanya membutuhkan cahaya sepanjang hari, mereka juga lebih menyukai suhu hangat. Anda juga bisa membiarkannya mengering di antara penyiraman.

Tidak cuma lalat, aroma marigold juga dapat mengusir serangga lain.

4. Lavender

Seperti biasa, lavender ada dalam daftar tanaman pengusir hama kami. Aroma bunga yang kuat sangat cocok untuk mengusir lalat, ngengat, juga nyamuk, semut, dan bahkan laba-laba.

Ilustrasi tanaman lavender di pot.

Ilustrasi tanaman lavender di pot.(SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA)

Lavender membutuhkan banyak cahaya, dan jika Anda merasa tanaman Anda tidak cukup mekar, tambahkan lampu untuk mencerahkannya.

Perlu ada aliran udara yang baik di sekitar tanaman, tetapi bukan aliran udara dingin, dan Anda harus menanam lavender di tanah yang gembur agar akarnya tidak basah.

Jika Anda membagi tanaman tahunan ini menjadi tanaman yang lebih kecil, Anda dapat mengendalikannya dan menambahkan lebih banyak pot lavender di sekitar rumah.

5. Rosemary