KIP Kuliah 2021 Segera Dibuka, Kuota 400000 Mahasiswa

  • Bagikan
bb7b8c02 images 2021 02 03t043608.537

Jakarta — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akan melanjutkan pemberian bantuan dana pendidikan melalui skema Kartu Indonesia Pintar ( KIP Kuliah) di tahun 2021 kepada calon mahasiswa dan mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Aris Junaidi mengatakan pendaftaran KIP Kuliah di tahun 2021 akan segera dibuka.

Pembukaan pendaftaran KIP Kuliah, terang Aris, akan bersamaan dengan pendaftaran dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta seleksi masuk PTN lainnya.

“KIP-K ini tentu akan bersamaan dibuka pendaftarannya disamakan dengan SNMPTN, SBMPTN, nanti tinggal memilih kalau mendaftar nanti ada pilihan bahwa dia akan mengambil di bidik misi dan seterusnya,” paparnya dalam Pelatihan Jurnalistik Program Fellowship Gerakan Jurnalis Peduli Pendidikan secara daring, Kamis (28/1/2021).

Aris mengatakan, target KIP Kuliah cukup besar yakni mencapai 400.000 KIP kuliah.

“Targetnya cukup fantastik ya, ada 400.000-an yang didanai nantinya untuk kita, sehingga siap-siap saja. Selama mahasiswa itu memang memenuhi kriteria untuk menerima KIP-K, maka dia boleh untuk mendaftar,” imbuh Aris.

Baca Juga :  BMKG Bantah Minta Warga Kosongkan Mamuju Sulbar

Tahun 2020, manfaat yang dirasakan calon mahasiswa penerima KIP Kuliah antara lain pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, pembebasan biaya kuliah, serta Bantuan biaya hidup sebesar Rp 700.000.

Ragam pembiayaan bagi mahasiswa pada 2021

Di tahun 2021, selain KIP Kuliah Aris juga memaparkan ragam pembiayaan yang disediakan pemerintah melalui Kemendikbud. Salah satunya bagi mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar.

“Mahasiswa yang mau membantu kampus mengajar didanai UKT-nya, living cost-nya, allowance-nya, kemudian yang ikut training dengan mitra yang kredibel juga ikut didanai,” terangnya.

Tak hanya itu, bantuan pembiayaan juga diberikan untuk mahasiswa yang menjalani program-program kewirausahaan hingga Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

“Kita punya 12 jenis kegiatan kemahasiswaan yang semuanya didanai oleh pemerintah. Jadi, di samping beasiswa, kemudian keringanan UKT dan semua kegiatan yang mencakup Kampus Merdeka, semuanya didanai,” tegas dia.

Baca Juga :  Tangani Dampak Corona, Pemerintah Masih Akan Salurkan Bansos

Alur pendaftaran KIP Kuliah

Melansir pedoman resmi KIP Kuliah 2020, berikut 7 tahapan pendaftaran KIP Kuliah:

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).

Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

kompas

  • Bagikan