Cara Daftar Kip Kuliah 2021 Lengkap

  • Bagikan
8c6c0000 img 20210203 044437

CR — Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) akan melanjutkan pemberian bantuan dana pendidikan melalui skema Kartu Indonesia Pintar ( KIP Kuliah) di tahun 2021 kepada calon mahasiswa dan mahasiswa dengan keterbatasan ekonomi.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Dirjen Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Aris Junaidi mengatakan pendaftaran KIP Kuliah di tahun 2021 akan segera dibuka.

Pembukaan pendaftaran KIP Kuliah, terang Aris, akan bersamaan dengan pendaftaran dengan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) serta seleksi masuk PTN lainnya.

Cara Daftar Kip Kuliah 2021 Lengkap

Cara Daftar Kip Kuliah 2021 Lengkap
Cara Daftar Kip Kuliah 2021 Lengkap 3

Melansir pedoman resmi KIP Kuliah 2020, berikut 7 tahapan pendaftaran KIP Kuliah:

Baca Juga :  Mendikbud Kucurkan Rp52 Triliun untuk Dana BOS 2021

1. Siswa dapat langsung melakukan pendaftaran secara mandiri di sistem online KIP Kuliah melalui laman kip-kuliah.kemdikbud.go.id atau melalui KIP Kuliah mobile apps yang dapat diunduh di Play Store.

2. Pada saat pendaftaran, siswa memasukkan NIK, NISN, NPSN dan alamat email yang aktif.

3. Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah.

4. Jika proses validasi berhasil, Sistem KIP Kuliah selanjutnya akan mengirimkan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses ke alamat email yang didaftarkan.

Baca Juga :  Kisah Mistis di Kamar Jenderal Ahmad Yani

5. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran KIP Kuliah dan memilih proses seleksi yang akan diikuti (SNMPTN/SBMPTN/SNMPN/SBMPN/Mandiri).

6. Siswa menyelesaikan proses pendaftaran di portal atau sistem informasi sesuai jalur seleksi yang dipilih pada seleksi nasional atau pada seleksi masuk di perguruan tinggi.

7. Bagi calon penerima KIP Kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi, dapat dilakukan verifikasi lebih lanjut oleh Perguruan Tinggi sebelum diusulkan sebagai calon mahasiswa penerima KIP Kuliah.

AG

  • Bagikan
Positive SSL