Total 105 Kali Gempa Terjadi Di Bengkulu Sepanjang Januari 2021

  • Bagikan
4312efc3 images 2021 02 02t144738.620
Kepahiang – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, mengingatkan masyarakat yang berada di sekitar sungai atau pantai untuk mengenali jalur evakuasi. Begitu yang berada di daerah berbukit. Imbauan ini disampaikan guna mengantisipasi apabila terjadi gempa dengan magnetude yang tinggi.

Selasa (02/02/2021) Observator BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Kepahiang, Ermawati, S.Sos menerangkan, sepanjang Januari 2021 sudah terjadi 105 kali gempa bumi.

“Dari 105 kali gempa bumi yang terjadi bulan Januari, empat diantaranya dirasakan di Kabupaten Kepahiang,” sampai Erma.

Lebih lanjut dikatakan Erma, sebagai perbandingan sepanjang tahun 2020 terjadi sebanyak 1.071 gempa bumi. Dari total gempa bumi yang terjadi tahun 2020, 52 diantaranya terasa goyangannya di Kabupaten Kepahiang,” sambungnya.

Baca Juga :  Dua Vial Vaksin Puskesmas Bukit Sari Kepahiang Rusak

Dijelaskan juga oleh Erma, masyarakat wilayah Provinsi Bengkulu termasuk di Kabupaten Kepahiang posisinya sangat dekat dengan jalur patahan. Oleh sebab itu, masyarakat harus selalu waspada.

“Gempa bumi biasanya terjadi di jalur sesar atau patahan. Secara geologi, sesar ini sebagai bidang rekahan yang disertai adanya pergeseran relatif satu blok terhadap blok batuan lainnya,” demikian Erma.

Baca Juga :  Ternyata Begini Cara Oknum ASN Diperinaker Kepahiang Habiskan Uang Hasil Nipu

sc radarkepahiang

  • Bagikan