5 Anak Jin dan Iblis Beserta Tugasnya di Dunia

  • Bagikan
76bbbb2b images 2021 02 01t182322.589

Islami Iblis atau jin seperti manusia juga memiliki keturunan anak. Nah anak-anak mereka pun memiliki nama dan telah memiliki tugas-tugas tertentu.

Iblis itu mempunyai lima anak, yang masing-masing anak diberi tugas tersendiri, lalu dia memberikan nama kepada mereka.

Berikut ini adalah 5 nama anak-anak iblis atau jin beserta tugas-tugasnya di dunia. Dikutip dari buku “Perangkap Setan” oleh Ibnul Jauzi, Senin (1/2/2021), dari Zaid bin Mujahid, dia berkata:

1.Tsabr

Dia adalah pembawa musibah yang diperintahkan untuk merusak, menyobek saku saat manusia berduka, menempelengi pipi dan pengakuan-pengakuan Jahiliyah lainnya.

2.A’war

Dia adalah pembawa zina, yang menyuruh manusia kepada zina dan menganggapnya bagus.

3.Miswath

Dia adalah pembawa dusta, yang mendengar sesuatu lalu dia mendatangi seseorang dan mengabarinya apa yang didengarnya. Lalu orang itu menemui orang-orang seraya berkata, “Aku telah melihat seseorang yang masih kuingat wajahnya tetapi aku tidak tahu dia berkata képadaku begini dan begitu.”

Baca Juga :  Syarhus Sunnah: Keutamaan Ali bin Abi Thalib

4.Dasim

Tugasnya menyusup ke dalam diri seseorang tatkala menemui keluarganya, lalu dia menampakkan cela mereka di matanya sehingga membuatnya marah marah.

5.Zaknabur

Dia adalah penguasa pasar yang mengibarkan benderanya di pasar

Dari Mukhallad bin Al-Husain, dia berkata, “Tidaklah Allah memerintahkan hamba kepada sesuatu, melainkan Iblis menghambatnya dengan dua perkara, dan dia tidak peduli dengan yang mana dia akan berhasil mempengaruhinya, entah dengan sikap yang berlebih-lebihan, entah dengan sikap meremehkan.”

Dari Hayyat bin Syarahil, dia berkata, “Aku mendengar Abdullah bin Umar berkata, “Sesungguhnya Iblis itu ditempatkan di bumi yang paling bawah. Jika dia bergerak-gerak, maka setiap kejahatan di antara dua orang atau lebih yang ada di muka bumi ikut bergerak karenanya.

Baca Juga :  Raja Ini Kirim Surat ke Nabi Muhammad Desak Bertobat

Memang godaan dan tipu muslihat Iblis itu ada banyak dan bervariasi. Siapapun yang mengikuti apa yang diperintahkan nafsunya, maka dia seperti perahu yang miring kesana kemari dan tak pernah berhenti.

Ketika hawa nafsu menunggangi Harut dan Marut, maka keduanya tidak mampu lagi menguasai diri. Jika melihat orang Mukmin yang meninggal dunia dalam keadaan beriman, maka mereka merasa ta’ajub karena keselamatan orang itu.

Dari Abdul-Aziz bin Rafi’, dia berkata, “Jika ruh orang Mukmin naik ke langit, maka para malaikat berkata, “Mahasuci Allah, karena hamba ini selamat dari setan.” (Reza)Ini 5 Anak Iblis dan Jin Berserta Tugas Mereka di Dunia

okz

  • Bagikan