Farmalab Akui Lalai Terkait Hasil Swab Keluar Sebelum Tes

  • Bagikan
48ec3111 images 2021 01 31t122900.475

JakartaSebuah video seorang perempuan yang mengaku mendapatkan hasil negatif covid-19 sebelum menjalani tes swab antigen viral di media sosial Instagram.

Dalam video yang diunggah akun @lambe_turah, seorang perempuan menyampaikan kejanggalan saat akan mengikuti swab antigen drive thru di Bandara Soekarno-Hatta. Dari keterangannya, perempuan tersebut bersama dua rekannya baru diminta KTP dan mengisi formulir.

Tak lama kemudian, salah seorang petugas berpakaian APD lengkap menyerahkan hasil swab antigen mereka. Padahal, ia dan kedua rekannya belum mengikuti tes.

Baca Juga :  Dua Kali Kalah Beruntun, Arteta Mulai Pesimis Bisa Duduki 4 Besar

Pihak Farmalab, yang menjadi penyedia jasa laboratorium tes swab antigen membenarkan kejadian itu. Media Relation Farmalab Syafina Amorita Candini mengatakan tidak ada motif kesengajaan dalam insiden tersebut.

“Dalam kejadian tersebut tidak ada motif kesengajaan, murni kelalaian dan keteledoran dari petugas, kejadian dimaksud pun baru pertama kali terjadi,” kata Syafina dalam keterangan tertulis yang dilansir CNNIndonesia.com, Minggu (31/1).

Syafina menjelaskan pada saat itu pula, setelah Farmalab melakukan komunikasi, pelanggan tersebut langsung diperiksa dan didapati hasil tes yang sesuai.

Baca Juga :  Lima Warga Meninggal, Musibah Longsor di Banyumas

Ia menambahkan atas kelalaian dan keteledoran itu, Farmalab telah menindak petugas yang bersangkutan dengan aturan yang berlaku. Farmalab juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan tersebut.

Untuk mencegah kejadian serupa terulang, Farmalab akan meningkatkan prosedur operasi standar.

“Perusahaan akan lebih memperketat prosedur operasi standar di setiap layanan dengan memasukkan proses validasi digital dalam setiap kegiatan operasionalnya,” tandasnya.(dmi/bir)cnn

  • Bagikan