Wapres Minta Umat Percaya Program Vaksinasi sebagai Upaya Jaga Diri dari Covid

48

JAKARTA – Wakil Presiden Indonesia, Ma’ruf Amin meminta kepada seluruh umat untuk mempercayai bahwa program vaksinasi yang dilakukan oleh pemerintah, sebagai upaya untuk menjaga diri dari Covid-19.

Hal itu disampaikan Ma’ruf Amin dalam acara Muhasabah dan Istighatsah untuk Negeri yang digelar secara virtual, Kamis (28/1/2021).

_

Terkait menjaga diri dari wabah, kata Ma’ruf, hal itu sesuai dengan semua ajaran Agama Islam yang telah disampaikan beberapa ulama. Sebab itu, Ia berharap, masyarakat dapat melakukan protokol kesehatan dan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa-Bali.

Baca Juga :  Fakta dan Postingan Selebgram Ayu Wulantari sebelum Bunuh Diri

“Oleh karena kita harus percayai hasil penelitian, riset analisa yang berdasarkan ilmiah, kita di dalam hadapi pandemi pemerintah minta kita untuk jaga protokol kesehatan lakukan vaksinasi, kemudian juga menerapkan PPKM,” kata Ma’ruf.

Menurut Ma’ruf, semua upaya untuk menjaga diri itu agar tidak terjadinya penularan terhadap suatu wabah penyakit disuatu daerah. Pasalnya, kata Ma’ruf, dalam agama Islam hal itu wajib hukumnya.

“Untuk apa untuk menjaga, supaya kita tak tertular, menjaga diri daripada tertular menurut Ulama hukumnya wajib,” ujar Ma’ruf.

Baca Juga :  Update Peringatan Dini BMKG Untuk Sulawesi Selatan

Sebab itu, Ma’ruf menekankan, menggunakan masker, mencuci tangan mencegah kerumunan menjadi kewajiban untuk seluruh umat dalam menjalankan pernyataan para alim ulama.

“Memakai masker, mencuci tangan, mencegah kerumunan wajib ulama berikan penjelasan. Wajib kita jaga diri seluruh dugaan bahaya yang terjadi,” ucap Ma’ruf.

“Wajib kita jaga diri dari semua yang diduga bahaya terjadi. Dengan demikian pengobatan, dan jaga diri dari wabah dan tidak duduk dibawah tembok yang mau roboh itu hukumnya wajib,” sambung Ma’ruf.

okz