Kimilsungia, Anggrek Hadiah Dari Soekarno untuk Kim Il-sung

  • Bagikan
a780ed10 bunga kimilsungia 169

CR – Anggrek sudah lama dikenal sebagai salah satu tanaman hias. Indonesia sendiri punya banyak ragam dan varian jenis anggrek.

Kecantikan bunga ini bahkan membuat bunga tersebut kerap jadi hadiah untuk kerabat atau sahabat. Salah satunya adalah bunga anggrek Kimilsungia. Apa sebenarya bunga anggrek yang namanya mirip dengan nama mantan pemimpin Korea Utara ini?

Mengutip berbagai sumber, Kimilsungia adalah kultivar bunga anggrek hibrida yang namanya diambil dari nama Kim Il-sung. Bunga ini bukanlah bunga khas Korea Utara. Namun bunga ini dinamai dengan nama pemimpin Korea Utara pada zamannya itu oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

Saat kunjungannya ke Indonesia, Kim diajak berjalan-jalan di Kebun Raya Bogor.

Foto Presiden RI pertama Ir. Soekarno menghiasi stan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Korea Utara dalam Festival Bunga Kimilsungia 2018.Foto: Ist/KBRI Pyongyang
Foto Presiden RI pertama Ir. Soekarno menghiasi stan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Korea Utara dalam Festival Bunga Kimilsungia 2018.

Menurut buku yang diterbitkan di Pyongyang, Korea Utara pada abad-20: 200 Kejadian penting, Kim melihat bunga anggrek tersebut.

Baca Juga :  Viral Suara Dentuman Terdengar di Beberapa Daerah

“Dia berhenti di depan sekuntum bunga tertentu, batangnya meregang lurus, daunnya membentang seimbang, memberikan tampilan yang cantik, dan warna merah mudanya pada saat mekar menunjukkan keanggunan dan martabatnya; dia berkata bahwa tumbuhan itu terlihat menawan hati, berbicara meluap-luap karena telah berhasil menemukannya. Soekarno berkata bahwa tumbuhan itu belum memiliki nama, dan dia akan menamainya menurut nama Kim Il Sung. Kim Il Sung menolak tawaran Soekarno, tetapi Soekarno tetap bersikeras bahwa menerakan nama Kim Il Sung bagi bunga itu adalah sebuah kehormatan yang besar, sebab Kim Il Sung telah menunjukkan penggalian yang besar demi manfaat yang diraih umat manusia.”

Bunga anggrek ini masuk dalam varian dendrobium yang memiliki ukuran bunga berkelompok yang cukup besar. Bunga Kimilsungia ini memiliki warna ungu pekat yang memikat.

Tanaman hias anggrek ini merupakan tanaman ‘tiruan’ dari anggrek yang diciptakan oleh pemulia tanaman Carl Ludwig C. L. Bundt. Pada 1964 lalu dia mendaftarkan nama Dendrobium Clara Bundt untuk semua anggrek dari keturunan yang sama. Hal ini menyebabkan upaya untuk mendaftarkan nama anggrek dendrobium kimilsungia jadi tak valid. Akibatnya bunga anggrek Kimilsungia merupakan sinonim dari Dendrobium Clara Bundt.

Baca Juga :  Mau Dimakamkan Di Bulan? Segini Biayanya

Hanya saja berdasarkan laman Botany, ada banyak cerita yang beredar tentang bagaimana bunga Kimilsungia ini menjadi populer di Korea Utara. 

Untuk menghormati Kim Il-sung sebagai pendiri Korea Utara dan juga menghormati kelahirannya, festival bunga kimilsungia pun dirayakan setiap hari. Di hari festival bunga tersebut, aneka bunga kimilsungia yang cantik pun dipamerkan setiap tahunnya.

cnn

  • Bagikan