3 Foto Fenomena Bulan Purnama di Langit Masjidil Haram

  • Bagikan
c694dd0e 3 foto fenomena bulan purnama di langit masjidil haram netizen rindu rfyddjwfgl

MAKKAH – Fenomena alam yang mengagumkan terjadi pada malam Jumat atau Kamis (28/1/2021) malam. Di mana bulan purnama melintasi langit Masjidil Haram.

Fenomena langka tersebut terjadi pada pukul 12.43 malam waktu Makkah, Arab Saudi. Fenomena ini juga dikenal dengan Malam Tanpa Bayangan Bulan. Presiden Asosiasi Astronomi Jeddah Majed Abu Zahira menjelaskan,

bulan akan terbit dengan matahari terbenam dari ufuk utara/timur laut, dan terbenam di ufuk utara/barat laut, yang berarti bahwa ia akan mensimulasikan jalur tinggi matahari musim panas setelah enam bulan melintasi langit malam, tetapi di utara Lingkaran Arktik, bulan tetap 24 jam di atas cakrawala, seperti matahari tengah malam di musim panas.

Abu Zahra mengatakan, bulan purnama sejajar dengan Kakbah pada pukul 12.43.34 setelah tengah malam waktu Kerajaan Arab Saudi pada ketinggian 89,57,46 derajat dan piringannya diterangi sepenuhnya sebesar 99,9 persen pada jarak 381,125 km dari Bumi.

Baca Juga :  Khutbah Jumat: al-Wala dan al Bara Jangan Dijadikan Dasar untuk Membenci Perbedaan

“Bulan akan tetap terlihat di langit selama sisa malam sampai terbenam dengan terbitnya matahari Jumat,” ujarnya, dikutip Al Arabiya.

Fenomena alam itu di atas Masjidil Haram  pun ramai diperbincangkan di media sosial, di antaranya Facebook. Salah satunya, akun Haramain Sharifain yang mem-posting keindahan langit malam di Masjidil Haram.

Ada tiga foto yang diposting. Ketiganya terlihatnya bulan purnama bulat sempurna. Bulan purnama tampil lengkap dengan lingkar yang mengitarinya. Kemilau cahaya terpancar dari bulan.

Bukan hanya itu, cahaya yang dipantulkannyapun terang namun menawan. Membuat mata tak mau lepas padang mata menatap hingga melintas tuntas di atas Kakbah.

Baca Juga :  Profil Gabriella Larasati, Aktris yang Dikaitkan dengan Video Syur 14 Detik

Langit bersih, tak banyak awan bergumpal semakin bertambah rasa syukur saat menikmati keindahan bulan purnama di Tanah Suci.

Para netizen pun mengomentari cantiknya penampilan bulan Purnama di malam Jumat.

Shahbaz K***: Mengagumkan

Buddy Vtec ** : Rindu sekali

Ramla Muhammad Sani *:

semoga Allah memberi kami kesempatan untuk mengunjungi Haramain lagi, ya hayyu ya qayyuum

Abdullahi Aw*** : Masha Allah Allahu Akbar kabiran wall hamdulillah kasiran

ytnkczboe14fmwvnhjnl 21963

Sekadar diketahui, fenomena alam bulan di atas Ka’bah bukan pertama kali terjadi. Berikut rinciannya.

1. 10 November 1916

2. 29 Desember 1974.

3. 28 Januari 2021

Proyeksi selanjutnya akan terjadi pada:

1. 21 Januari 2038

2. 21 Januari 2057.

okz

  • Bagikan