Esok Pagi Bulan Purnama di Atas Ka’bah, Momen Luruskan Kiblat

  • Bagikan
63c9c915 559f 41c6 81b3 bc4b92262d66 169

CR — — Bulan Purnama akan berada tepat di atas Ka’bah, Jumat (29/1) pukul 04:43 dini hari nanti dan menjadi momen untuk meluruskan kiblat bagi umat Muslim.

Pada momen itu, Bulan Purnama akan berada tepat di atas Ka’bah yang ada di Masjid Al-Haram, Mekah, Arab Saudi. Sementara di Mekan, fenomena ini berlangsung pada dini hari pukul 00:43 waktu setempat.

Momen ini bisa digunakan untuk meluruskan arah kiblat bagi umat Muslim diberbagai belahan dunia dengan memanfaatkan arah Bulan yang sedang berada tepat di atas Ka’bah.

Namun, untuk umat Muslim yang ada di Maluku dan Papua tak dapat meluruskan kiblat dengan melihat arah Bulan. Pasalnya, bulan sudah terbenam ketika mencapai posisi puncak di atas Ka’bah.

Baca Juga :  Terinspirasi Nabi Nuh, Ahli Akan Kirim Jutaan Sperma ke Bulan

Selain digunakan sebagai momen untuk meluruskan kiblat, fenomena bulan purnama tepat di atas Ka’bah juga akan menjadi momen Malam Tanpa Bayangan Bulan di Mekah.

Sebab, posisi Bulan Purnama berada tegak lurus di langit Mekah, sehingga tak menimbulkan bayangan memanjang pada benda yang tertimpa cahaya purnama.

Menurut LAPAN, momen ini akan terjadi 147 menit setelah fase puncak Purnama yang terjadi pukul 22:16 waktu setempat.

Baca Juga :  Polri Rilis Foto 11 DPO Pelaku Pembantaian Sigi

Fenomena MTBB di Ka’bah dinilai jarang terjadi akibat posisi orbit Bulan dan siklus purnama. Sehingga, tidak setiap purna,a bakal bertepatan dengan posisi Bulan di atas Ka’bah.

Sebelumnya, fenomena serupa pernah terjadi pada 10 November 1916. Fenomena serupa akan kembali terjadi pada 21 Januari 2038 dan 21 Januari 2057.

Sementara peristiwa Matahari di atas Ka’bah lebih sering terjadi. Setidaknya peristiwa ini bakal terjadi setahun dua kali. Pada 2021 peristiwa ini terjadi pada 27 Mei dan 15 Juli mendatang.

Cara meluruskan Kiblat lewat Bulan Purnama

  • Bagikan