Berpotensi Hujan Lebat Jakarta, BPBD DKI Minta Warga Bersiap

28

Jakarta —Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengimbau warga untuk waspada dan mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan menyusul prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa Jakarta akan diguyur hujan deras dalam beberapa hari.

“Kami mengimbau agar masyarakat dapat mengantisipasi dan menyiapkan segala sesuatunya untuk menjaga diri dari hujan angin,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto dalam keterangannya, Kamis (28/1).

_

Ia mengatakan cuaca ekstrem dapat menimbulkan genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Kami juga telah mengimbau kepada OPD (organisasi perangkat daerah) terkait, para Camat dan Lurah daerah rawan banjir atau longsor agar antisipasi dengan menyiagakan PPSU dan Satgas Banjir / Dinas SDA Kecamatan. Masyarakat dapat menghubungi 112 apabila membutuhkan bantuan,” ucap dia.

Baca Juga :  Makin Marak Tuduhan Perundungan di Kalangan Seleb dan Idol K-pop

BMKG sebelumnya memperkirakan beberapa wilayah di Indonesia akan mengalami hujan lebat pada 28-29 Januari 2020, salah satunya DKI Jakarta.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan prakiraan cuaca yang diprediksi hujan lebat selama dua hari ini juga berpotensi mengakibatkan banjir di Jakarta.

“Berdasarkan prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang, selama dua hari ke depan, potensi dampak dengan status siaga adalah DKI Jakarta,” kata Guswanto dalam keterangan tertulis, Rabu (27/1).

Baca Juga :  Heboh ! Penjual Keripik Beli Motor Rp31 Juta Pakai Uang Koin

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengklaim hingga awal tahun ini, Pemprov DKI mampu mengendalikan permasalahan banjir di Ibu Kota.

Riza menyebut keberhasilan mengendalikan banjir itu dikarenakan pada periode kali ini, Pemprov melakukan upaya yang berbeda.

Alhamdulillah, sampai hari ini kita masih bersyukur, bisa mengendalikan banjir yang seharusnya kalau melihat debitnya curah hujan yang tinggi, harusnya beberapa minggu ini di Jakarta sudah banjir ya. Sebagaimana tahun tahun sebelumnya,” kata Riza kepada wartawan, Rabu (27/1).

cnn