Fans K-pop Dulang Donasi Rp1,4 M untuk Bencana Indonesia

  • Bagikan
9468caea hari kedua pencarian korban gempa mamuju 4 169

CR — Lebih dari 45.000 penggemar k-pop dari berbagai klub berpartisipasi dalam acara penggalangan dana untuk membantu korban banjir dan gempa bumi di Indonesia. Gerakan yang diikuti oleh 16 komunitas penggemar K-pop ini berhasil mengumpulkan donasi sebesar US$99,727 atau senilai Rp1,4 miliar.

Kampanye online ini diinisiasi oleh gerakan Kpop4Planet yakni para penggemar K-Pop yang peduli dengan isu perubahan iklim di dunia.

“Melihat betapa besarnya gerakan ini, saya berharap kami juga bisa melakukan hal yang sama untuk memerangi perubahan iklim. Untuk mencegah dampak akibat perubahan iklim di masa depan, kita perlu bertindak dari sekarang,” kata Nurul Sarifah, penyelenggara organisasi Kpop4Planet pada Selasa (26/1), dilansir dari rilis resmi.

Aksi penggalangan dana ini menggandeng platform berbagi kitabisa.com. Penggemar bisa berdonasi mulai dari seribu rupiah hingga Rp5.000.000.

Kampanye yang berjalan sejak 15 Januari – 18 Januari 2021 berhasil mengumpulkan dana sebesar US$99.727 atau senilai Rp1,4 miliar.

Baca Juga :  Menhub: Sriwijaya Angkut 62 Orang, 50 Penumpang dan 12 Kru

Dana yang terkumpul akan diserahkan untuk membantu para kobran yang terdampak banjir di Kalimantan Selatan dan gempa bumi di Sulawesi Barat.

Donasi yang diserahkan berupa kebutuhan makan seperti makanan, pakaian, dan perlengkapan kebersihan.

Beberapa fans juga mengirimkan doa untuk para korban. Mereka juga mengaku tertarik untuk ikut berpartisipasi karena terinspirasi oleh aksi idola mereka yang dekat dengan aksi amal. Salah satunya penggemar Super Junior yang terinspirasi dengan aksi Siwon Choi, yang menjadi duta UNICEF.

“Kami berdoa agar tidak terjadi bencana di Indonesia yang kini sedang dilanda cuaca ekstrim,” kata Arendeelle.

Selain penggemar Super Junior, acara ini juga diikuti fans dari klub lain seperti BTS Army Ina Project, EXOL Indonesia, Treasure Makers Indonesia, ReVeluv INA Union, Carats Indonesia dan masih banyak lain.

Armyteamkalsel (bukan nama sebenarnya), salah satu fandom BTS di Indonesia, mengatakan bahwa donasi yang mereka lakukan adalah bentuk kepedulian terhadap sesama.

Baca Juga :  Syarat Dapat Subsidi Listrik Gratis Oktober 2020

“Kami tidak hanya fandom yang mencintai BTS, tapi lebih dari itu kami ingin menjadi fandom yang bisa peduli orang banyak. Sama seperti BTS yang berharap semua musiknya bisa membawa harapan buat semua orang,” ujar mereka.

Tidak hanya itu, mereka juga mengatakan aksi pengumpulan dana ini juga ingin mematahkan stereotype negatif publik terhadap K-popers.

“Bencana bukan sesuatu yang diharapkan semua orang. Kami berharap donasi ini dapat meringankan beban semua korban dan berharap dengan bencana ini pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama untuk menjaga lingkungan agar meminimalisir kerusakan yang disebabkan ulah manusia.”

Di Indonesia sendiri, ARMY berhasil menggalang dana hingga Rp 500 juta dalam waktu tiga hari, dan terus bertambah hingga saat ini.

cnn

  • Bagikan