Signal Tembus 105 Juta Unduhan, Pengunduh Terbanyak dari India-RI

25

Gadget — Aplikasi perpesanan Signal terus meningkat popularitasnya. Jutaan orang dilaporkan menjadi pengguna baru dari aplikasi tersebut sejak awal 2021.

Peningkatan jumlah pengguna tak lepas dari kebijakan privasi baru WhatsApp. Persyaratan baru mengharuskan semua pengguna WhatsApp untuk berbagi data dengan Facebook.

_

Selain itu, kicauan untuk menggunakan Signal yang disampaikan oleh CEO Tesla Elon Musk dan Edward Snowden membuat jumlah pengguna semakin meningkat fantastis.

Melansir App Figures, Selasa (26/1), jumlah unduhan Signal meningkat tajam dalam beberapa jam setelah kicauan Musk dan Snowden. Berdasarkan data, unduhan meningkat dari 20 ribu per hari menjadi lebih dari 2 juta pengguna.

Baca Juga :  Klarifikasi Menag Yaqut soal Perlindungan Ahmadiyah

Facebook telah mengklarifikasi bahwa mereka tidak menginginkan akses ke semua komunikasi pribadi tetapi hanya yang dilakukan dengan bisnis, tetapi efek negatif dari kebijakan privasi baru itu telah terjadi.

Selain jumlah, data mencatat bahwa pengunduh baru Signal banyak berasal dari India dan Indonesia. Signal di kedua negara itu sebelumnya tidak populer.

Indonesia, India, dan Afrika Selatan disebut menyumbang 40 persen dengan lebih dari 10 juta perkiraan unduhan di bulan Januari.

Baca Juga :  Toyota GR Yaris Masuk RI, Harga Nyaris Rp1 Miliar

Business of Apps memberitakan, Signal dibentuk melalui penggabungan RedPhone dan TextSecure, aplikasi unggulan dari Signal Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk teknologi privasi sumber terbuka.

Perangkat lunak yang mendukung aplikasi Signal telah diimpor ke WhatsApp, Facebook Messenger, Skype dan Google Allo, meskipun enkripsi ujung ke ujung tidak ditawarkan secara default pada platform ini.

cnn