Seberapa Cepat DNS Domain Website kalian?

  • Bagikan
6bbb805c img 20210124 004050

CR — Seberapa Cepat DNS Domain Website kalian? cara cek kecepatan DNS

Fungsi DNS yang Jarang Diketahui

1. Mengidentifikasi komputer sebagai titik dalam suatu jaringan

Fungsi DNS pada komputer dan jaringan internet ini adalah untuk mengidentifikasi komputer user sebagai suatu titik di dalam jaringan, yang sudah terhubung. Setiap komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan, terutama jaringan internet juga akan memiliki sebuah alamat tersendiri, yaitu alamat IP.

Dengan adanya layanan DNS ini, maka jaringan internet dapat mengidentifikasi komputer yang ada sebagai sebuah titik atau bagian kecil yang sudah terhubung ke dalam jaringan. DNS memberikan informasi mengenai identitas IP address pada suatu komputer, sehingga dapat dikenali sebagai satu kesatuan yang sudah terhubung ke dalam jaringan komputer.

Dalam data-data yang dikirimkan melalui internet hal tersebut juga berlaku, termasuk menjaga komputer dari penerimaan hal-hal yang bersifat tak aman. Untuk itu pemasangan firewall pada sebuah komputer diberlakukan dengan berdasarkan DNS dan juga alamat IP-nya.

2. Membuat komputer lebih mudah dalam mengidentifikasi alamat website

Fungsi DNS yang kedua adalah mengidentifikasi keseluruhan alamat website atau situs. Jadi komputer tidak perlu kesulitan dalam mengidentifikasi alamat IP dari sebuah situs juga sebaliknya.

Dengan DNS maka secara otomatis komputer sudah bisa mengidentifikasi IP address dari sebuah situs atau website, dan kebalikannya. Komputer juga mengetahui alamat dari sebuah situs dengan cara membacanya melalui IP address.

3. Menghafalkan alamat IP dari setiap situs web

Bila tidak ada DNS di dalam jaringan komputer, sebuah jaringan komputer tidak dapat membaca alamat web yang kita tuliskan pada web browser. 

Komputer hanya akan bisa menemukan sebuah alamat web tersebut ketika sudah mengidentifikasi IP address dari alamat tersebut. Nah apabila tidak ada DNS, maka user akan kerepotan, karena harus menghapal IP address dari setiap situs yang ada.

Baca Juga :  Jadwal Siaran Langsung Liga Champions Kamis Dini Hari

Bayangkan bagaimana repotnya user apabila harus menghafalkan IP address dari banyak situs. Karena itu dengan adanya fungsi DNS di sini, user tidak perlu menghafalkan IP Address dari tiap situs. hal itu karena cukup dengan menuliskan link dan domain, komputer akan mengidentifikasi IP Address dari situs yang akan dikunjungi.

4. Mendata setiap server surat yang menerima email pada tiap domain

Fungsi DNS juga sangat penting dalam penggunaan server, terutama mail server. Ketika mail server bekerja dalam menerima dan meneruskan sebuah email, DNS bekerja dengan cara melakukan pendataan terhadap segala macam surat elektronik yang melakukan aktivitas.

Baik email masuk dan keluar di dalam mail server tersebut. DNS merupakan supervisor yang melihat dan mengawasi, serta mencatat segala bentuk aktivitas yang ada dan menyimpannya.

5. Menerjemahkan nama domain ke dalam IP address dan sebaliknya

Selain dari host, sebuah situs di dalam internet juga membutuhkan domain. Beberapa domain yang biasa digunakan adalah .com .org .sch .ac dan sebagainya.

Setiap domain nantinya akan memiliki IP address masing-masing. Di sinilah DNS memiliki peranan yang penting. Tanpa adanya IP address pada masing-masing domain, maka komputer dan jaringan internet tidak akan menemukan alamat atau situs yang akan dituju.

Karena itu, DNS sangat penting peranannya dalam jaringan internet, dalam menerjemahkan nama domain ke dalam IP address, sehingga dapat dibaca dan mudah dipahami oleh komputer juga keseluruhan jaringan internet.

6. Melakukan pencarian pada data cache

DNS juga berfungsi untuk melihat dan juga mencari pada data cache. Ketika DNS melihat dan mencari di data cache, maka DNS tidak perlu berkerja lebih berat untuk mengidentifikasi dan mencari di dalam domain atau host. Cukup dengan mencari di data cache, yang sudah pernah dikunjungi sebelumnya.

Baca Juga :  Warna Baru Moge Honda CB650R, Harga Nyaris Rp300 Juta

Hal ini akan membuat proses output situs yang kita request akan menjadi lebih cepat, dan tidak selama ketika DNS mencari data dan juga informasi address pada host ataupun domain.

7. Menyediakan alamat IP untuk setiap host dan melakukan pencarian alamat host

Fungsi DNS berikutnya adalah untuk kenyediakan alamat IP untuk tiap-tiap host yang terhubung di dalam internet. Host merupakan rumah dari para pengembang website, di mana setiap website atau situs internet menggunakan host agar dapat diakses oleh kalangan umum.

Untuk dapat mengidentifikasi alamat IP dari tiap tiap host tersebut, maka digunakanlah DNS. Sehingga nantinya tiap-tiap host yang terhubung ke dalam jaringan internet akan memilki IP address masing-masing.

DNS juga berfungsi untuk mencari lokasi dan alamat dari host yang kita ketikkan pada web browser atau situs yang kita kunjungi. Secara otomatis, DNS akan langsung dengan mudah mendapatkan lokasi dari host yang ada. Lengkap dengan IP address host, IP address domain, dan IP address dari situs yang akan dikunjungi tersebut.

Seberapa Cepat DNS Domain Website kalian?

Seperti dijelaskan diatas Fungsi DNS untuk Domain serta website kita memiliki pengaruh yang sangat besar. Jadi kita jangan sampai salah memilih penggunaan DNS yang berakibat lambatnya website kita.

Cara cek DNS Tercepat

Untuk mengetahui DNS yang tepat untuk domain kalian, kalian dapat mengunjungi situs dnsperf.com.

dnsperf adalah situs yang melakukan ujicoba terhadap server DNS diseluruh dunia. dnsperf melakukan uji coba mulai dari performa, kecepatan hingga waktu uptime DNS.

6bbb805c img 20210124 004050
Seberapa Cepat DNS Domain Website kalian? 3

Pada situs dnsperf.com kalian dapat melihat performa, kecepatan hingga uptime dari DNS yang kalian inginkan.

Jadi bagi kalian yang masih bingung menentukan pilihan untuk DNS, kalian dapat mengunjungi web dnsperf.com

  • Bagikan