Daftar BLT Kemensos 2021, Mulai dari Ibu Hamil hingga Lansia

3

JAKARTA – Kementerian Sosial (Kemensos) RI memperkenalkan kembali Program Keluarga Harapan (PKH) yang merupakan salah satu program Bantuan Tunai (BLT). Program ini diklaim telah terbukti berhasil mendorong penurunan angka kemiskinan di Indonesia.

Hal ini disampaikan melalui unggahan di laman Instagram Kemensos @kemensosri pada Sabtu, (23/1/2021).

“Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program Bantuan Tunai kemensosri yang telah terbukti berhasil mendorong penurunan angka kemiskinan di Indonesia,” tulis akun @kemensosri dikutip Okezone Jakarta, Minggu (24/1/2021).

Baca Juga :  Dikala Super Junior Jadi Sinterklas bagi ELF dalam Tell Me Baby
BLT

Kemensos menyajikan informasi-informasi terkait PKH dalam bentuk infografis. Mulai dari kriteria penerima, besaran skema bantuan, berapa kali pencairan, dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh para penerima.

PKN atau Program Keluarga Harapan merupakan program pemberian bantuan tunai bersyarat kepada keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dan memiliki komponen sebagai persayaratan yang ditetapkan sebagai peserta PKH.

Baca Juga :  TIPS Mandi yang tepat agar kulit tetap sehat

Adapun tujuan dari program ini untuk meningkatkan taraf hidup (melalui akses layanan pendidikan, kesehatan, dan kesejahteraan sosial), mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan, mendorong perubahan perilaku dan kemandirian, mengurangi kemiskinan, serta inklusi keuangan.