Mengenal Kitab Kuning ala komjen Listyo

  • Bagikan
3da3f012 images 2021 01 23t205224.504

Orang-orang di lingkungan pesantren kerap menyebut ilmu ini sebagai ibu dan ilmu nahwu sebagai bapak. Seorang pelajar harus menguasai dua bidang ilmu ini agar bisa menguasai Bahasa Arab dengan baik.

Ilmu shorof sendiri mengkaji tentang bentuk-bentuk kata kerja yang dalam Bahasa Inggris disebut grammar. Ilmu Selain mengkaji berbagai bentukan kata kerja sekarang, lampau, dan akan datang, ilmu ini juga mengkaji tentang perubahan-perubahan makna seiring perubahan bentuk kata.

Ketiga, kitab Mustholah Hadits. Kitab ini merupakan bagian dari bidang kajian seluk beluk ilmu hadits. Beberapa hal yang dikaji di antaranya jenis-jenis hadits, jenis periwayat, syarat periwayat, dan lainnya.

Baca Juga :  Pendaftaran CPNS 2021 Bakal dibuka, Yuk Intip Bocoran Persyaratannya

Hal-hal tersebut merupakan indikator dalam menentukan apakah suatu hadits bisa dikatakan shahih (benar) atau palsu. Derajat suatu hadits sangat menentukan penggunaannya, misal dalam proses produksi hukum.

Kitab ini dikarang oleh al-Qodhi abu Muhammad ar-Romahurmuzi atas instruksi Khalifah Umar Bin Abdul Aziz karena banyaknya hadits palsu yang beredar di masyarakat.

Keempat, kitab Arba’in Nawawi. Kitab ini merupakan kitab yang berisi kumpulan hadits tematik. Kitab karangan Abu Zakariya Yahya bin Syaraf bin Murri Al Nizami An-Nawawi ini memuat dasar-dasar Islam, seperti apa itu iman, islam, serta ihsan.

Baca Juga :  Makin gampang, Ubah Data BPJS Kesehatan Bisa via WhatsApp

Kelima, kitab Aqidatul Awam. Kitab ini merupakan salah satu refrensi dasar bidang ilmu teologi atau akidah. Kitab ini terdiri dari 57 bait dalam bahasa arab yang dikarang oleh Syaikh Ahmad Marzuqi Al-Maliki.

Keenam, kitab Ta’limul Muta’alim. Kitab yang dikaji hampir di seluruh pesantren ini berisikan panduan agar penuntut ilmu bisa berhasil menjadi seorang alim.

Kitab karangan Syaikh Burhanuddin Az-Zarnuji tersebut salah satunya menekankan etika bagi seorang pelajar dan intelektual.

cnn

  • Bagikan
Positive SSL