Wajib Tau ! Ini 5 Jenis Angin Puting Beliung

  • Bagikan
5018fbe2 img 20210120 162039

FENOMENA alam berupa angin puting beliung terjadi di area Waduk Gajah Mungkur, Desa Sendang, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Peristiwa ini berlangsung pada Rabu 20 Januari, sekira pukul 15.30 WIB.

“Fenomena itu terjadi sebelum hujan. Pusaran itu berlangsung sekitar 15 menit,” kata Kepala Desa Sendang Sukamto kepada wartawan.

Sementara itu, dikutip dari laman Air World Wide, Kamis (21/1/2021), dijelaskan bahwa tornado atau angin puting beliung datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Kemudian dapat berpindah dari satu bentuk ke bentuk lainnya.

Baca Juga :  7 Roket Terbang Gempur Pangkalan Militer AS

Banyak jenis dan bentuk dari angin puting beliung ini, di antaranya adalah:

1. Bentuk tali

Bentuk angin puting beliung yang paling ramping dan paling umum adalah tornado tali. Namun jika berlangsung cukup lama, maka bentuknya akan makin besar.

2. Bentuk kerucut

Baca Juga :  Belum Terima Kuota Internet Maret 2021? Ini Penjelasan Kemendikbud

Angin puting beliung berbentuk kerucut paling sering ditemui, seperti di beberapa kawasan Amerika. Jika jenis tornado ini datang, maka akan menghancurkan semua benda di sekitarnya karena bentuknya lebar.

3. Bentuk pasak

Nah, jenis angin puting beliung satu ini termasuk paling menakutkan karena ukurannya yang sangat besar dan lebar. Hal ini akan mengakibatkan kehancuran di sekitar angin tersebut.

  • Bagikan