Cara Mudah Merawat hingga Memperbanyak Tanaman Keladi

  • Bagikan
5fa0743d tanaman caladium 1 169

Sejak jadi perbincangan November lalu, tanaman hias keladi masih terus digandrungi hingga kini.

Bahkan, tanaman keladi diprediksi menjadi salah satu tanaman hias yang masih akan diburu pada tahun ini.

Apa itu tanaman keladi?

Nama keladi berasal dari nama ilmiah Caladium. Caladium merupakan salah satu marga dari keluarga talas-talasan atau famili Araceae. Meski sudah akrab dan banyak dijumpai di Indonesia, keladi bukan tumbuhan asli Indonesia.

Tumbuhan ini berasal dari Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Caladium lalu banyak dinaturalisasi di negara tropis seperti Indonesia. Caladium dapat tumbuh di area terbuka dengan tinggi 40-90 cm dengan lebar daun 15-35 cm.

Karakteristik Caladium yang khas tampak dari daun yang melebar. Warna dan bentuk daunnya yang cantik juga membuat keladi banyak disukai.

Selain anak panah, bentuk daun Caladium juga dianggap mirip seperti hati, kuping gajah, dan sayap.

Sebagian keladi tumbuh menjadi gulma atau rumput yang mengganggu. Namun, banyak tumbuhan keladi yang dibudidayakan menjadi tanaman hias.

Baca Juga :  Gelombang 10 Prakerja sudah dibuka

Dari tujuh spesies yang ditemukan di Amerika, kini terdapat lebih dari 1.000 hasil kultivar atau varietas tanaman yang sudah dibudidayakan.

Beberapa yang populer adalah Caladium Ace of Heart yang berbentuk seperti hati dan berwarna merah muda. Ada pula Caladium Candidum yang berwarna putih, serta Caladium Green Spider dengan campuran hijau dan merah dengan tekstur tulang daun seperti sarang laba-laba.

Cara perawatan tanaman keladi

Yuzammi mengatakan bahwa perawatan tanaman keladi tak jauh berbeda dengan tanaman hias dari keluarga talas lainnya seperti Monstera yang dikenal dengan sebutan janda bolong, serta Aglonema dengan ciri khas daun berwarna merah.

“Untuk merawat tanam talas-talasan cukup mudah dan tidak perlu perawatan khusus,” katanya.

Berikut cara mudah merawat tanaman keladi.

1. Media tanam lembap

Pastikan media tanam selalu lembap yakni tidak terlalu basah dan tidak juga terlalu kering.

Baca Juga :  Dikala Super Junior Jadi Sinterklas bagi ELF dalam Tell Me Baby

2. Hindari dari cahaya matahari langsung

Tempatkan tanaman talas seperti Caladium atau keladi, Monstera, dan Aglonema di lokasi yang terhindar dari cahaya matahari langsung. Cahaya matahari langsung dapat menyebabkan tanaman daun terbakar.

3. Buang bagian yang terkena hama

Apabila ada bagian tanaman yang terkena penyakit atau hama segera potong dan buang bagian tersebut agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

4. Siram tanaman

Untuk menyuburkan tanaman, keluarga talas dapat disiram dengan air maupun menggunakan pupuk kompos. Yuzammi juga menyarankan menyiram tanaman dengan air cucian beras karena bernutrisi tinggi untuk tanaman talas-talasan.

“Untuk menyuburkan tanaman bisa dilakukan secara murah dan mudah adalah dengan menyiramkan tanam secara rutin dengan air cucian beras,” ungkapnya.

Baca halaman berikut untuk mengetahui cara mudah memperbanyak tanaman hias keladi.

  • Bagikan